IMPLEMENTASI ALAT PRAKTIKUM PEMBIASAN CAHAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi alat praktikum pembiasan cahaya untuk meningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018 di MAN 2 Rembang. Sampel yang digunakan adalah dua kelas, yaitu XI MIA 2 (kelas eksperimen) dan XI MIA 3 (kelas kontrol). Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design. Hasil penelitian ini menunjukkan kelas eksperimen lebih baik dibanding kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat pada aktivitas siswa saat praktikum, yaitu untuk kelas ekperimen mendapat nilai sebesar 94,5%, sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 86,5%. Selain dari aktivitas siswa saat praktikum, implementasi alat praktikum pembiasan cahaya juga berpengaruh terhadap hasil kognitif siswa. Berdasarkan hasil analisis uji N-gain, untuk kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen didapatkan nilai 0,60, sedangkan untuk kelas kontrol didapatkan nilai 0,53. Simpulan dari penelitian ini adalah implementasi alat praktikum pembiasan cahaya dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.
The aim of this research is to know the effect of the implementation practicum tools of light refraction to improve problem solving ability of the students. The study was conducted in the even semester of the academic year 2017/2018 at MAN 2 Rembang. The samples used are two classes, namely XI MIA 2 (experimental class) and XI MIA 3 (control class). Sampling in this research using purposive sampling technique. The result of this research show that the experimental class is better than in control class. It can be seen in the activities of students during practicum, namely for the experimental class to get a score of 94,5% while for the control class 86,5%. In ddition from activities of students, implementation of refraction of light practical tools also influences student’s cognitive outcomes. Based on the results of the N-gain test, for the student’s experimental class problem solving abilities obtained a value of 0,60, while the control class obtained a value of 0,53. The conclusions from this research is the implemementation of refraction of light practical tools can increase the problem solving ability of the students.