ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HIGH ORDER THINKING SKILLS) MENGGUNAKAN INSTRUMEN TWO TIER MULTIPLE CHOICE MATERI KONSEP DAN FENOMENA KUANTUM SISWA SMA DI KABUPATEN CILACAP

  • Gilang Ramadhan Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
  • Pratiwi Dwijananti Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
  • Siti Wahyuni Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Kemampuan berpikir tingkat tinggi sangat ditekankan dalam pembelajaran kurikulum 2013.  Saat ini instrumen penilaian harus bisa mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi. Salah satu instrumen yang dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi adalah two tier multiple choice test. Penelitian ini bertujuan menganalisis instrumen two tier multiple choice yang dikembangkan dan profil kemampuan berpikir tingkat tinggi materi konsep dan fenomena kuantum siswa SMA di Kabupaten Cilacap. Penelitian ini dilakukan di tiga sekolah yaitu SMA Negeri 1 Cilacap sebagai sampel grade tinggi, SMA Negeri 1 Kroya sebagai sampel grade sedang dan SMA Negeri 1 Binangun sebagai sampel grade rendah. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes two tier multiple choice dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen yang dikembangkan sangat layak dan reliabel. Profil kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA di Kabupaten Cilacap materi konsep dan fenomena kuantum termasuk dalam kategori rendah dengan skor 8,45 dari skor maksimal 30.

 

 

High order thinking skills is very emphasized in 2013 Curriculum learning. Nowadays, the assesment must measure student’s high order thinking skills. One of the assesment can measure student’s high order thinking skills is two tier multiple choice test. The goal of this research is analyse the two tier multiple choice test that have been developed and the profile of Senior High School Student’s High Order Thinking Skills using Two Tier Multiple Choice Test on Quantum Concept and Phenomenon in Cilacap. This research have been done in three schools. They were SMA Negeri 1 Cilacap as the highest grade sample, SMA Negeri 1 Kroya as middle grade sample and SMA Negeri 1 Binangun as the lowest grade sample. This research used descriptive quantitative and qualitative approach. Collecting data technique used two tier multiple choice test and interview. The research result show that the instrument which have been developed was claimed worth and reliable. The profile of senior high school student’s high order thinking skills quantum concept and phenomenon in Cilacap regency is categoryzed low. The score was 8,45 from the maximum score 30

Published
2018-12-13
Section
Articles