PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN BETTER TEACHING AND LEARNING BERKETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMP

  • F Hansah Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229
  • D Yulianti Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229
  • - Sugianto Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229
Keywords: activities, BTL, achievement, process skill

Abstract

The aim of this research is to determine activities and achievement after was applied Better Teaching and Learning (BTL) process skilled model. Design of this research is Pre-Experiment with One-Group Pretest-Posttest. Sampling was done by purposive sampling. The methods of data collection in this research are documentation, test and observation. Assessment of psychomotor, affective and activities were done by direct observation with observation sheet. Students cognitive are measured by pretest and posttest results. Gain analysis showed that the average of students activities are increased in the high category. Psychomotor and affective are increased in the high category but students cognitive are increased in the medium category. Based on the results as mentioned above, it can be concluded that the application of  BTL process skilled model can increase activities and achievement.

References

Aktamis, H. & Ergin, O. 2008. The effect of scientific process skill education on student’s scientific creativity, science attitudes and academic achievements. Journal. 9(1): 1-21

Aziz, A., Yulianti, D., & Handayani, L. 2006. Penerapan model pembelajaran kooperatif dengan memanfaatkan alat peraga sains fisika (materi tata surya) untuk meningkatkan hasil belajar dan kerjasama siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 4(2): 94-99

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). 2006. Standar isi 2006 mata pelajaran IPA. Diunduh di http://bsnp-indonesia.org/id/wp-content/uploads/isi/StandarIsi.pdf tanggal 15 Januari 2013

Dahniar, N. 2006. Science project sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan keterampilan proses sains di SMP. Jurnal Pendidikan Inovatif. 2(1): 35-39

DBE3. 2009. Pengajaran profesional dan pembelajaran bermakna. Diunduh di http://inovasipendidikan.net tanggal 20 November 2012

Hardini, I. & Puspitasari, D. 2012. Strategi pembelajaran terpadu. Yogyakarta: Familia

Masykur, S. Khanafiyah & Handayani, L. 2006. Penerapan metode SQ3R dalam pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan hasil belajar fisika pokok bahasan tata surya pada siswa kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 4(2): 73-78

Memes, W. 2000. Model pembelajaran fisika di SMP. Jakarta: Proyek Pengembangan Guru Sekolah Menengah (PGSM) IBRD

Nurnawati, E., Yulianti, D. & Susanto, H. 2012. Peningkatan kerjasama siswa SMP melalui penerapan pembelajaran kooperatif pendekatan think pair share. Unnes Physics Education Journal. 1(1): 1-7

Purba, D., Sopyan, A. & Hartono. 2006. Aktivitas belajar dan penguasaan materi siswa dengan pembelajaran berbasis portofolio pada mata pelajaran sains fisika SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 4(2): 88-93

Rahayu, E., Susanto, H. & Yulianti, D. 2011. Pembelajaran sains dengan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 7(2): 106-110

Rusmiyati, A. & Yulianto, A. 2009. Peningkatan keterampilan proses sains dengan menerapkan model problem based instruction. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 5(2): 75-78

Semiawan, C. 1992. Pendekatan keterampilan proses. Jakarta: Grasindo

Subagyo, Y., Wiyanto, & Marwoto, P. 2009. Pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses sains untuk meningkatkan penguasaan konsep suhu dan pemuaian. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 5(2): 42-46

Syamsi, K. 2012. Model perangkat pembelajaran menulis berdasarkan pendekatan proses genre bagi siswa SMP. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya. 11(2): 1-20

Tukiyem. 2012. Peningkatan kemampuan dalam berbicara siswa kelas III SDN 3 Seneporejo Banyuwangi melalui teknik permodelan. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar. 1(2): 183-189

Section
Articles