PENGARUH IMPLEMENTASI KEGIATAN LABORATORIUM MENGGUNAKAN PENDEKATAN GENERATIVE LEARNING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA

  • M. I. Baedhoni Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang,Indonesia, 50229
  • Nathan Hindarto Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang,Indonesia, 50229
  • Susilo - Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang,Indonesia, 50229
Keywords: laboratory activities, generative learning approaches, learning activities, learning outcomes

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh implementasi kegiatan laboratorium menggunakan pendekatan generative learning terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis. Penelitian ini menggunakan metode true experiment dengan desain penelitian menggunakan design pretest-posttest group. Populasi yang dipakai adalah seluruh siswa SMA Negeri Grobogan dengan sampel dua kelas yang berasal dari kelas X SMA Negeri Grobogan, kelas X-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-9 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dengan pelaksanaan pembelajaran melalui implementasi kegiatan laboratorium menggunakan pendekatan generative learning, sedangkan kelas kontrol dengan pelaksanaan pembelajaran melalui implementasi kegiatan laboratorium verifikatif. Analisis data penelitian menggunakan uji hipotesis dan uji gain. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi perbedaan nilai dan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen akibat pengaruh dari kegiatan laboratorium menggunakan pendekatan generative learning. Simpulannya adalah ada pengaruh positif dari implementasi kegiatan laboratorium menggunakan generative learning terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa.

 

The research was aimed to find out whether there is an implementation effect of laboratory activities using generative learning approach to activities and student learning outcomes in a dynamic electrical material. This research used a true experiment pretest-posttest group design. Population used was throughout Grobogan State high school students with two sample classes derived from the class X and were X-5 as an experimental class and X-9 as the control class. Class experiments subject to the implementation of learning through the implementation of laboratory activities using generative learning approach, while the control class subject to the implementation of the verification laboratory activities. Analysis of research data using hypothesis test and gain test. These results indicate that there has a difference in values ​​and increasing activity and student learning outcomes in the classroom due to the influence of experimental laboratory work using generative learning approach. It can be concluded that, there a positive effect of the implementation laboratory activities using the generative learning to the activities and student learning outcomes.

References

Abrahams, I & Robin M. 2008. Does Practical Work Really Work? A Study of The Effectiveness of Practical Work As A Teaching And Learning Method In School Science. International Journal of Science Education. 30(14): 1945–1969.

Al-Naqbi, A. K. & Hassan H. T. 2005. The Role of Laboratory Work in School Science: Educators’ and Students’ Perspectives. Journal of Faculty of Education, 18 (22): 19-35.

Aufschnaiter, C. V& Stefan V. A. 2007. University Students’ Activities, Thinking and Learning During Laboratory Work. European Journal of Physics, 28: 51–60

Depdiknas. 2007. Model dan Manajemen Laboratorium IPA. Jakarta: Depdiknas.

Dick, W. & Carey, L. 1985. The Systematic Design of Intruction. Glecview, Ilionis: Scot, Foresman and Company

Hinduan, A. 2002. Pengembangan Kurikulum Program Sarjana Fisika Berdasarkan Kompetensi. Makalah dipresentasikan pada Seminar LokaKarya V, Mipa-net, Jakarta, 3 September.

Rahmad, M & Alfina. S. D. 2007. Hasil Belajar Ketrampilan Sosial Sains Fisika Melalui Model Pembelajaran Generatif Pada Siswa Kelas VIII. Jurnal Geliga Sains. 1(2): 25-30.

Rifai, A. & Catharina T. A. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT MKK Unnes.

Suma, K. 2005. Efektivitas Kegiatan Laboratorium Konstruktivis Dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep-Konsep Arus Searah Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja. 38(2) : 159-171

Wittrock, M. C. 1992. Generative Learning Processes of the Brain. Educational Psychologist, 27(4): 531-541.

Trumper, R. 2003. The Physics Laboratory – A Historical Overview and Future Perspectives. Journal of Science and Education. 12: 645–670.

Wiyanto, A. Sopyan, Nugroho & S.W.A. Wibowo. 2006. Potret Pembelajaran Sains di SMP dan SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 4(2): 63-66.

Wiyanto. 2008. Menyiapkan Guru Sains Mengembangkan Kompetensi Laboratorium. Semarang: Unnes Press.

Section
Articles