PENERAPAN QUESTION BASED DISCOVERY LEARNING PADA KEGIATAN LABORATORIUM FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPIULAN PROSES SAINS

  • Ahmad Syafi’i Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang
  • Langlang Handayani Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang
  • Siti Khanafiyah Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang
Keywords: question based discovery learning, science process skill, physical laboratory.

Abstract

Berdasarkan observasi pendahuluan dan hasil studi pustaka didapatkan bahwa pembelajaran berbasis proses atau inquiri melalui kegiatan bereksperimen di laboratorium sekolah masih jarang dilakukan, sehingga perlu dilakukan pengembangan. Pembelajaran berbasis proses dapat dilaksanakan melalui question based discovery learning. Melalui question based discovery learning diharapkan keterampilan proses sains yang terdiri atas merancang, melakukan, menganalisis dan mengkomunikasikan akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan  question based discovery learning dan mengetahui besar peningkatan keterampilan proses sains siswa dalam kegiatan laboratorium. Desain penelitian ini adalah pre eksperimen, dengan menggunakan pretest-posttest one group design. Instrumen yang digunakan berupa soal tes untuk pemahaman kognitif dan lembar observasi untuk keterampilan proses sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa question based discovery learning pada kegiatan laboratorium fisika dapat meningkatkan keterampilan proses sains.

 

Results of initial observation and literature study showed that learning method which uses inquiry approach through practicum emphasizing the science process skill, has been used rarely, so it is necessary to develop it. Learning method inquiry can be held by question based discovery learning. Through question based discovery learning the science process skill consist of planning, doing, analyzing, and reporting would increasing. This research aimed to applying question based discovery learning in physics laboratory activity and to know the increase of students’ science process skill. The research design was pre-experimental design by using pretest-posttest one group design. The research instruments were question test to measure cognitif mastery and observation sheet to measure science process skill. The result of this research showed that the application of question based discovery learning in physics laboratory activity can increase the students’ science process skill.

References

Balım, Ali Günay. 2009. The Effects of Discovery Learning on Students’ Success and Inquiry Learning Skills. Eurasian Journal of Educational Research. Issue 35, Spring: 1-20. Tersedia di http://connection.ebscohost.com/ [diakses pada 24-2-2013].

Carin, A. & R.B. Sund. 1997. Teaching science through discovery. Ohio: Merill Publishing Co.

Deta, U A., Suparmi, S. Widha. 2013. Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing dan Proyek, Kreativitas, serta Keterampilan Proses Sains terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(1): 28-34.

Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djamarah, S.B & A. Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 1994. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran; Dasar-Dasar dan Strategi Pelaksanaannya di Perguruan Tinggi. Bandung: Trigenda karya.

Haryono. 2006. Model Pembelajaran Berbasis Peningkatan Keterampilan proses sains. Jurnal Pendidikan Dasar .Vol 7 No 1. Tersedia di http://ejournal.unesa.ac.id [diakses pada 24-2-2013].

Hayat, M. Syaipul, S. Anggraeni & S. Redjeki. 2011. Pembelajaran Berbasis Praktikum Pada Konsep Invertebrata Untuk Pengembangan Sikap Ilmiah Siswa. Bioma, 2(1): 141-152. Tersedia di http://e-jurnal.ikippgrismg.ac.id/ [diakses pada 24-2-2013].

Illahi, M.T. 2012. Pembelajaran Discovery Strategy & Mental Vocational Skill, Tutorial Inspiratif bagi Para Pembelajar. Jogjakarta: Diva Press.

Karim, S., & A. Karhami. 1998. Panduan Pembelajaran Fisika. Jakarta: Depdikbud.

Khanafiyah, S & D. Yulianti. 2013. Model Problem based Instruction pada Perkuliahan Fisika Lingkungan untuk Mengembangkan Sikap Kepedulian Lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 9(1): 35-42.

Lawson, A. E. 1995. Science Teaching and the Development of Thinking. California: Wadsworth Publishing Company.

Marnita. 2013. Peningkatan Keterampilan Proses Sains melalui Pembelajaran Kontekstual pada Mahasiswa Semester 1 Materi Dinamika. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 9(1): 43-52.

Mbajiorgu, N., & N. R August. 2006. Factors Influencing Curriculum Development in Higher Education Physics. University of Hull: Higher Education Academy Physical Sciences Centre. Tersedia di http://heacademy.ac.uk/ [diakses pada 27-2-2013].

Mustika, I. & N. A. N. Murniati. 2011. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA-Fisika Melalui Pembelajaran Praktikum dengan Memanfaatkan Alat dan Bahan di Lingkungan Sekitar pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kragan Rembang Tahun Ajaran 2008/2009. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 2(1). Tersedia di http://e-jurnal.ikippgrismg.ac.id/ [diakses pada 24-2-2013].

Rifa’i, A & C.T Anni. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Shaibu, A & Jonathan. 2003. The Effects of Process-skill Instruction on Secondary School Students’ Formal Reasoning Ability in Nigeria. Journal Science Education International, 4(12). Tersedia di http://icaseonline.net/ [diakses pada 1-3-2013]

.

Suharsimi, A,.2011. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Suharsimi, A,.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (edisi revisi 2010). Jakarta : Rineka Cipta.

Wenning, C.J.(2005a). Levels of inquiry: Hierarchies of pedagogical practices and inquiry processes. Journal of Physics Teacher Education Online,,2(3): 3-11. Tersedia di http://phy.ilstu.edu/ [diakses pada 1-3-2013].

Wenning, C.J.(2005b). Implementing inquiry-based instruction in the science classroom: A new model for solving the improvement-of-practice problem. Journal of Physics Teacher Education Online, 2(4): 9-15. Tersedia di http://phy.ilstu.edu/ [diakses pada 1-3-2013].

Wenning, C.J.2011. Professional knowledge standards for physics teacher educators, Journal of Physics Teacher Education Online, 6(1): 2-7. Tersedia di http://phy.ilstu.edu/ [diakses pada 1-3-2013].

Yulianto, Agus. 2009. Efektivitas Praktikum Terintegrasi dan Tidak Terintegrasi Terkait Peningkatan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMP Muhammadiyah 2 Mlati. Skripsi : UIN sunan Kalijaga Yogyakarta. Tersedia di http://digilib.uin-suka.ac.id [diakses pada 1-3-2013].

Section
Articles