IMPLEMENTASI STRATEGI TPCK DENGAN MEDIA SIMULASI BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA KONSEP GETARAN DAN GELOMBANG
Abstract
TPCK (Technological Pedagogical Content Knowledge) merupakan kerangka kerja guru dalam mengintegrasikan TIK dalam pembelajaran. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui penerapan strategi TPCK berbasis inkuiri terbimbing terhadap peningkatan penguasaan konsep dan keaktifan belajar siswa.Metode penelitian yang digunakan adalah control group pretest-posttest design. Dari hasil penelitian diperoleh t hitung > t tabel yang menunjukkan bahwa strategi TPCK berbasis inkuiri terbimbing efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa. Data hasil observasi pada kelas eksperimen menunjukkan adanya peningkatan dalam hal keaktifan belajar siswa dari pertemuan I dan II. Secara umum kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah strategi TPCK berbasis inkuiri terbimbing berpengaruh positif dalam hal peningkatan penguasaan konsep dan keaktifan belajar siswa
Â
TPCK (Technological Pedagogical Content Knowledge) is the framework of teacher in integrating computer technology in learning. The research aims to showed TPCK strategy based-on guided inquiry application was effective to improve understanding of concept and active learning. The learning method used control group pretest-posttest design. The research value showed thitung> ttabel.It’s mean TPCK strategy based-on guided inquiry was effective to improved to improve understanding of concept. The observation on the experiment group results showed active learning improve from beginning until last meeting. Overall conclusion, TPCK strategy based-on guided inquiry a positive effect of understanding of concept and active learning improved.
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Carmichael, A., Chini, J.J., Robello, N.S., Puntambekar, S. 2010. Comparing Student Learning in Mechanics Using Simulation and Hand-on Activities. Physics Education Research Conforence, 1289, 89-92.
Finkelstein. 2005. When learning about the real world is better done virtually: A study of substituting computer simulations for laboratory equipment. Physical Review Special Topics-Physics Education Research, 1(010103).
Gumilar, D. 2013. Pengaruh Kepemimpinan Transormosional Kepala Sekolah dan Motifasi Berprestasi Guru Terhadap Kinerja Mengajar Guru pada SMK Negeri di Wilayah Kabupaten Bandung Barat. Penelitian Ilmiah. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Harris, J., Mishra, P., & Koehler, M. 2009. Teachers’technological pedagogical content knowledge and learning activity types: Curriculum-based technology integration reframed. Journal of Educational Computing Research, 32 (4), 329-340.
Isnawati, E. 2013. Pemanfaatan Media Animasi dan Simulasi Pada Pembelajaran Hukum Dasar Kimia Menggunakan Kerangka TPCK untuk Mengembangkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas XC di SMA N 8 Kota Jambi. Artikel ilmiah. Jambi: Universitas Jambi.
Mishra, P. & Koehler, M.J. 2006. Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Integrating Technology in Teacher Knowledge. Teacher College Record, 108(6), 1007-1054.
Mishra, P. & Koehler, M.J. 2008. Introducing Technological Content Knowledge. Paper presented at the Annual Meeting of the American Educational Research Association New York City, March 24-28-2008.
Mulyasa, E. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Prapti, S. 2010. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Materi Gerak untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMP. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Shulman, L. 1986. Those who understand: Knowledge growth in teaching. Educational Researcher, 15(2), 4-14.
Sugiyono. 2006. StatistikauntukPenelitian. Bandung :Alfabeta.