PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) FISIKA BERKARAKTER BANGSA BERBENTUK DIALOG DENGAN PENDEKATAN INKUIRI PADA SISWA MADRASAH ALIYAH
Abstract
LKS digunakan oleh siswa untuk mengembangkan kemampuan berfikir. Pembentukan karakter dalam LKS dapat dipengaruhi melalui proses ajakan yang disampaikan dengan pesan komunikatif untuk membuka peluang terjadinya perubahan sikap yang diinginkan. Tujuan penelitian adalah untuk menyusun LKS fisika yang dapat mengembangkan keterampilan inkuiri dan karakter siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian ini terdiri atas uji kelayakan, uji keterbacaan, dan uji coba menggunakan desain Posttest-Only Control Design. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kelayakan LKS menurut dosen dan guru berurutan adalah 92,50% dan 94,50% serta tingkat keterbacaan sebesar 69,27%. Hasil observasi menunjukkan karakter siswa berkembang dengan persentase 76,95% dan keterampilan inkuiri siswa berkembang sebesar 79,91%. Hasil angket menunjukkan karakter siswa berkembang sebesar 84,22%. Hasil uji signifikansi menunjukkan hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen yang menggunakan LKS lebih baik daripada siswa kelas kontrol. Persentase tingkat kepraktisan LKS 77,93%. LKS fisika dapat dinyatakan layak, efektif, dan praktis digunakan.
Â
Student worksheets are used by the students to develop thinking capability. The character building in the student worksheets can be influenced through persuasive process that is presented by the communicative message to open opportunities for the desirable attitude change. The purpose of this study is to arrange Physics worksheets in order to develop the students’ inquiry skills and character. The methods used in this study were research and development. This research consisted of feasibility test, readability test, and trial test which used Posttest-Only Control Design. The result showed that the degree of feasibility according to the lecturer and teacher were 92.50% and 94.50%. In addition, the degree of readability of these student worksheets was 69.27%. The observation result showed that the students' character developed to 76.95% while the students' inquiry skill developed to 79.91%. The result of questionnaire showed that the students' character developed to 84.22%. The result of significance test showed that the cognitive learning outcome of the students in experimental class, who used student worksheets, was better than the students in control class. The percentage of student worksheets’ practicality was 77.93%. The Physics student worksheets are feasible, effective, and practically used.
References
Astuti, Y. & B. Setiawan. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendeka¬tan Inkuiri Terbimbing Dalam Pembelajaran Kooperatif Pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1): 88-92.
Azwar, S. 2003. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Deta, U.A., Suparmi, & S. Widha. 2013. Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing dan Proyek, Kreativitas, serta Keterampilan Proses Sains terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(1): 28-34.
Hamalik, O. 2006. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.
Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta. Badan Penelitian dan Penelitian Pusat Kurikulum.
Marno & M. Idris. 2009. Strategi dan Metode Pengajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Muljono, P. 2007. Kegiatan Penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah. Buletin BSNP, Januari. Hlm 14-23.
Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Prayitno, E. 1989. Motivasi dalam Belajar. Jakarta: Depdikbud.
Putra, S.R. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: Diva Press.
Rakhmawati, D., A.P.B. Prasetyo, & M. Rahayuningsih. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Karakter Materi Ekosistem. Unnes Journal of Biology Education, 2(3): 350-358.
Samani, M. & Hariyanto. 2012. Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Widodo, A.T. 1995. Modifikasi Tes Rumpang Untuk Buku Ajar MIPA. Semarang: LEMLIT IKIP Semarang.
Zain, N. H., Parmin, & W. Sumarni. 2013. Pengembangan Komik Bahan Ajar IPA Terpadu Kelas VIII SMP pada Tema sistem Pencernaan Manusia dan Hubungannya dengan Kesehatan. Unnes Science Education Journal, 2(1): 217-222.