Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis Online Berpendekatan STREAM pada Materi Fluida Dinamis untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Siswa

  • Fathurohmah Taufiqi Universitas Negeri Semarang

Abstract

Fisika merupakan salah satu ilmu dengan konsep dan rumus yang tidak dapat dipahami hanya dengan mengingat-ingat ataupun menghafal saja, namun juga memerlukan kemampuan penalaran. Diperlukan sebuah alat ukur untuk mengetahui kemampuan penalaran siswa, salah satunya dengan menggunakan soal uraian berpendekatan STREAM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik alat evaluasi berbasis online berpendekatan STREAM, menentukan kelayakan dan keefektivan instrumen evaluasi berbasis online berpendekatan STREAM, dan menganalisis profil kemampuan penalaran siswa pada materi Fluida Dinamis yang terukur dengan instrumen evaluasi berbasis online berpendekatan STREAM. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development yang menghasilkan produk evaluasi berpendekatan STREAM. Hasil uji kelayakan evaluasi berpendekatan STREAM menurut ahli adalah sebesar 92%, sehingga produk termasuk dalam kategori sangat layak. Evaluasi berpendekatan STREAM ini dapat mengkategorikan kemampuan penalaran siswa menjadi 4 kategori sehingga produk ini efektif digunakan. Hasil hipotesis menunjukkan Hipotesis H0 instrumen evaluasi berbasis online berpendekatan STREAM yang dikembangkan tidak dapat mengukur kemampuan penalaran siswa ditolak, serta H1 yang berbunyi instrumen evaluasi berbasis online berpendekatan STREAM yang dikembangkan dapat mengukur kemampuan penalaran siswa diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa evaluasi berpendekatan STREAM yang dikembangkan merupakan sebuah alat ukur yang valid dan efektif dalam mengukur kemampuan penalaran siswa

Teaching  Physics is a science with concepts and formulas that cannot be understood just by memorizing it, but also requires reasoning skills. We need a measuring instrument to know how much students’ reasoning skills, one of them is use STREAMapproached evaluation. The purpose of this research was to determine the characteristics of an online-based evaluation instrument with STREAM approach, determine the feasibility and effectiveness level of an online-based evaluation instrument with a STREAM approach, and to identify the profile of students' reasoning abilities on the Measurable Dynamic Fluid material with an online-based evaluation instrument with the STREAM approach. This research used the Research and Development method which produces online-based evaluation instrument with the STREAM approach. This evaluation using the STREAM approach can categorize students' reasoning abilities into 4 categories so that this product is effectively used. The results of the hypothesis show that the hypothesis H0, the developed online-based evaluation instrument with the STREAM approach, cannot measure the students 'reasoning ability is rejected, and H1 which says that the developed online-based evaluation instrument with the STREAM approach can measure students' reasoning abilities is accepted. So, it can be concluded that online-based evaluation instrument with the STREAM approach on dynamic fluid are valid and effective to measure the students’ reasoning skills

 

Published
2023-05-30