IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SIMULATIONS INTEGRATED BERBANTUAN VIDEO UNTUK MITIGASI BENCANA BANJIR DI KABUPATEN BREBES

  • wahyu jalaluddin jallauddin UNNES

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji ketercapaian peningkatan hasil belajar kognitif dan mengetahui perbedaan sikap peduli bencana dari penerapan model pembelajaran simulations integrated berbantuan video. Desain penelitian ini adalah pre eksperimental design dalam bentuk one group pretest-posttest. Instrumen yang digunakan adalah soal pilihan ganda dan lembar skala. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji N-gain dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan model simulations integrated, pengetahuan tentang IPA mengalami peningkatan dengan nilai N-gain 〈?〉 = 0,68 dan pengetahuan tentang mitigasi bencana banjir mengalami peningkatan dengan nilai N-gain 〈?〉 = 0,63. Hasil uji perbandingan peningkatan hasil belajar dengan uji t menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar kognitif dapat lebih besar dari 50%. Hasil analisis lembar skala sikap peduli bencana menunjukkan bahwa sikap peduli bencana mengalami peningkatan. Rata-rata sikap siswa sebelum diterapkan model simulations integrated dalam kategori baik. Setelah diterapkan  model simulations integrated, rata-rata sikap siswa dalam kategori sangat baik. Berdasarkan analisis hasil penelitian, kesimpulan yang didapat adalah peningkatan hasil belajar kognitif dari penerapan model simulations integrated dapat lebih besar dari 50% dan penerapan model simulations integrated dapat meningkatkan sikap peduli bencana.

Published
2022-08-03
Section
Articles