Pengembangan Students Worksheet Online Berbasis STREAM Pada Materi Fluida Dinamis Untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik

  • Ullyatus Sa'adah UNNES

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan Students worksheet online berbasis STREAM (Science, Technology, Reliogion, Engineering, Arts, and Mathematics) untuk meningkatkan kreativitas pada peserta didik . Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang dilaksanakan dalam 5 tahap, yaitu: Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate. Students worksheet ini divalidasi oleh guru fisika sebagai ahli materi dan ahli media, Setelah Students worksheet direvisi kemudian diujikan pada kelas XI MIPA 5 dan XI MIPA 7 di SMA Negeri 1 Demak untuk diidentifikasi kelayakannya. Data dianalisis dengan pendekatan metode kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah 1) Students worksheet online berbasis STREAM hasil pengembangan layak digunakan dalam pembelajaran fluida dinamis bagi peserta didikĀ  SMA kelas XI berdasarkan validasi dari ahli pada aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikan memiliki hasil yang baik; 2) persentase peningkatan kreativitas peserta didikĀ  secara klasikal pada kelas XI MIPA 5 dengan N-gain 0,26 termasuk dalam kategori rendah dengan peningkatan individual sebesar 69% peningkatan rendah, 28% sedang, dan 3% tinggi. Sedangkan pada kelas XI MIPA 7 dengan N-gain 0,3 termasuk dalam kategori sedang dengan peningkatan individual sebesar 55% peningkatan rendah, 45% sedang. Berdasarkan hal ini maka Students worksheet yang dikembangkan kelayakannya baik dengan peningkatan yang dominan pada indikator keluwesan dan elaborasi.

Published
2022-08-03
Section
Articles