PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PBP) PADA METODE MIND MAPPING SECARA DARING

  • Yoga Indrajatmoko UNNES

Abstract

Pandemi covid-19 yang melanda dunia membuat pendidikan di dunia utamanya di Indonesia. Pembelajaran dilakukan dengan cara daring yang mengakibatkan banyak kesalahpahaman dalam penyampaian materi yang diajarkan. Penguasaan konsep dan keterampilan pemecahan siswa kurang ditekankan dalam pembelajaran yang berlangsung dikarenakan kondisi dan juga metode pembelajaran yang belum memenuhi kebutuhan siswa pada pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan antara pembelajaran menggunakan pembelajaran berbasis proyek pada metode mind mapping terhadap pembelajran dengan membaca mandiri disertai penugasan pada aspek pemahaman konsep dan keterampilan pemecahan masalah, serta guna mengetahui respons siswa yang telah belajar menggunnakan pembelajaran berbasis proyek pada metode mind mapping.  Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan tes dan respons siswa. Hasil yang didapatkan pada penelitian setelah dilakukan uji t, bahwa siswa yang menggunakan pembelajran berbasis proyek pada metode mind mapping memiliki perbedaan yang signifikan daripada kelas yang menggunakan pembelajaran membaca mandiri disertai penugasan pada aspek penguasaan konsep dan keterampilan pemecahan masalah, dan dihasilkan respons pada kategori baik pada pembelajaran yang telah dilakukan. Pembelajaran berbasis proyek pada metode mind mapping terhadap pembelajaran mandiri disertai penugasan memiliki perbedaan yang signifikan pada penguasaan konsep dan keterampilan pemecahan masalah, dengan kelompok siswa yang belajar menggunakan pembelajaran berbasis proyek pada metode mind mapping memiliki nilai yang lebih baik pada penguasaan konsep dan keterampilan pemecahan masalah, dan respons siswa pada pembelajaran berbasis proyek pada metode mind mapping berkategori baik.

Published
2022-11-10
Section
Articles