Pengaruh Alat Praktikum Kinematika Berbantuan Tracker Terhadap Kemampuan Membaca Grafik Pada Mahasiswa
Abstract
Belajar fisika tidak sekedar menghapal rumus-rumus dan menerapkannya dalam bentuk soal, tetapi perlu melakukan kegiatan praktikum yang memberi pengalaman belajar yang konkret. Salah satu representasi penyajian pola perubahan (kinematika) yang paling banyak digunakan dalam fisika dengan menggunakan grafik, sehingga kemampuan memahami grafik menjadi sangat penting. Indikator membaca grafik meliputi menyajikan kembali suatu data atau informasi dari representasi grafik, ataupun dari tabel dan menggunakan representasi visual tersebut untuk dapat memecahkan suatu masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh alat praktikum kinematika berbantuan tracker dapat meningkatkan kemampuan membaca grafik pada mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan untuk mengukur peningkatan kemampuan membaca grafik menggunakan Quasi Experimental Design berbentuk Pre-test and Post-test One Grup Design dengan jumlah responden sebanyak 13 mahasiswa fisika, Universitas Negeri Semarang. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh signifikan alat praktikum kinematika berbantuan tracker dalam peningkatan kemampuan membaca grafik mahasiswa pada materi kinematika, terbukti dengan peningkatan uji n-gain sebesar 0,75 dengan kriteria tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan alat praktikum kinematika berbantuan tracker dapat meningkatkan kemampuan membaca grafik pada mahasiswa. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh signifikasi sebesar 0,000 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan alat praktikum kinematika berbantuan tracker terhadap kemampuan membaca grafik pada mahasiswa.