Pengembangan Vidio Pembelajaran Fisika Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Online Pada Materi Optik
Abstract
Pembelajaran abad 21 pada era rovolusi industry 4.0 menuntut inovasi dan pemanfaatan teknologi secara optimal. 95,7% peserta didik berpendapat bahwa diperlukannya sumber belajar yang lebih menarik dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui cara mengembangkan Video Pembelajaran Fisika sebagai Alternatif Media Pembelajaran Online pada Materi Optik, 2) Untuk mengetahui pendapat para validator terhadap kelayakan Video Pembelajaran Fisika sebagai Alternatif Media Pembelajaran Online pada Materi Optik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development, R & D) dengan model pengembangan 4D yang telah dimodifikasi menjadi 3-D, yaitu: 1) pendefinisian , 2) perancangan, 3) pengembangan. Metode pengumpulan data dengan instrumen/angket kelayakan. Penilaian kelayakan media video melibatkan para validator yang terdiri atas ahli materi dan ahli media. Penelitian ini hanya sampai dengan uji kelayakan oleh para validator ahli media dan ahli materi. Hasil penilitian pengembangan berupa: 1) Telah berhasil dikembangkan Video Pembelajaran Fisika sebagai Alternatif Media Pembelajaran Online pada Materi Optik. 2) Media pembelajaran yang telah dikembangkan telah melalui uji materi dan uji media dari para ahli. Pengujian kelayakan oleh validator dalam hal ini adalah ahli materi diperoleh kelayakan sebesar 89,17% dengan kriteria sangat layak. Selanjutnya dilakukan pengujian oleh ahli media diperoleh kelayakan media sebesar 88,89% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil uji kelayakan tersebut, maka pengembangan video pembelajaran fisika yang telah dikembangkan layak digunakan untuk pembelajaran di kelas.