PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GERAK PROYEKTIL BERBASIS MULTIREPRESENTASI BERBANTUAN TRACKER
Abstract
Bahan ajar fisika yang ada hanya fokus pada penyajian materi secara verbal dan matematis. Materi gerak proyektil memiliki keterbatasan representasi dalam penyajiannya. Kemampuan multirepresentasi mahasiswa juga rendah. Bahan ajar multirepresentasi belum banyak tersedia untuk materi gerak proyektil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, kelayakan, dan kepraktisan bahan ajar gerak proyektil berbasis multirepresentasi berbantuan Tracker yang dikembangkan. Pengembangan bahan ajar menggunakan model Rowntree yang dipadukan dengan evaluasi formatif Tessmer. Responden berjumlah 32 mahasiswa semester 3 Jurusan Fisika yang telah menempuh mata kuliah Fisika Dasar 1 dan dipilih melalui teknik simple random sampling. Bahan ajar yang dihasilkan memiliki karakteristik berupa bahan ajar cetak yang menyajikan materi gerak proyektil dalam bentuk multirepresentasi, meliputi konten representasi verbal (100%), gambar (54%), matematis (39%) dan grafik (28%). Materi bahan ajar dilengkapi data hasil pengamatan Tracker yang berbentuk multirepresentasi. Hasil penilaian dua dosen validator menyatakan kelayakan bahan ajar masuk kriteria sangat layak dengan perolehan skor sebesar 85,69% dan hasil respon mahasiswa untuk kepraktisan bahan ajar memperoleh skor sebesar 85,05% dengan kriteria sangat baik.