Pengembangan Perangkat Pembelajaran Daring Berbasis Virtual Experiment Terhadap Pemahaman Konsep Siswa

  • Nida Maulida Rohmahwati Unnes

Abstract

Perangkat pembelajaran berbasis virtual experiment dikembangkan dengan tujuan menghasilkan sebuah perangkat yang layak digunakan dalam pembelajaran daring serta mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa. Perangkat yang dikembangkan adalah RPP dan LKPD, komponen utama yang dikembangkan yaitu indikator pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian. Karakteristik materi yang diterapkan untuk demonstrasi dalam virtual experiment yaitu gelombang berjalan dan gelombang stasioner menggunakan software phet. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (RnD), dengan model one group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 5 sejumlah 35 orang. Desain dan draft perangkat pembelajaran dibuat berdasarkan analisis kajian dokumen, selanjutnya dinilai oleh validator menggunakan lembar validasi. Skor lembar validasi RPP menghasilkan rata-rata 2,38 dan 2,5 yang artinya draft RPP layak digunakan dengan revisi. Skor lembar validasi LKPD menghasilkan rata-rata 2,42 dan 2,5 yang artinya draft LKPD layak digunakan dengan revisi. Setelah diperbaiki, dilakukan pengujian perangkat pembelajaran secara synchronous dan asynchronous. Hasil uji n-gain menunjukkan terdapat pengaruh dari penerapan perangkat pembelajaran berbasis virtual experiment terhadap pemahaman konsep siswa dengan peningkatan sebesar 46,8%. Hasil angket respon siswa merasa cukup puas mengenai penerapan perangkat pembelajaran daring di kelas.

Published
2023-05-30