EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT-BASED LEARNING) PADA MATA KULIAH PEMROGRAMAN KOMPUTER DI JURUSAN FISIKA FMIPA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

  • Sugiyanto Sugiyanto Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229
  • Wahyu Hardyanto Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229
  • Isa Akhlis Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229

Abstract

ABSTRAK

Perkuliahan Pemrograman Komputer bagi mahasiswa fisika dituntut untuk menghasilkan lulusan yang mampu memecahkan masalah dan membuat aplikasi berbasis komputer. Pembelajaran programming seringkali dianggap sebagai mata kuliah yang sulit dan membingungkan bagi sebagian mahasiswa. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa materi programming terkadang sulit dipahami dan sulit dipraktikkan tanpa pengalaman yang cukup. Salah satu metode pembelajaran yang diterapkan pada perkuliahan Pemrograman Komputer ini adalah pembelajaran berbasis proyek atau Project-based Learning (PBL). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan evaluasi pembelajaran berbasis proyek pada mata kuliah Pemrograman Komputer di Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Semarang dengan menggunakan metode Tylerian Objective Oriented Approach dengan langkah: (1) penetapan tujuan, (2) desain proyek, (3) implementasi proyek, (4) pengumpulan data, dan (5) analisis data. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Pemrograman Komputer pada semester genap 2012/2013. Sampel diambil untuk 3 rombongan belajar yang terdiri dari 82 mahasiswa. Berdasarkan hasil penilaian proyek akhir mata kuliah (PAMK), diketahui bahwa level pencapaian tujuan pembelajaran masuk dalam kategori cukup tinggi dengan rata-rata nilai PAMK sebesar 68,72. Dilihat dari masing-masing aspek, pada aspek manfaat memiliki nilai sebesar 71,99 yang masuk dalam kategori level cukup tinggi, aspek desain dan layout memperoleh nilai rerata sebesar 70,32 yang masuk dalam kategori level cukup tinggi, aspek kreativitas memperoleh nilai rerata sebesar 67,56, yang masuk dalam kategori level cukup tinggi, demikian halnya pada aspek kompleksitas atau kerumitan memperoleh nilai rerata sebesar 65,03, yang juga masuk dalam kategori level cukup tinggi.

Kata kunci: pembelajaran berbasis proyek, pemrograman komputer, evaluasi perkuliahan

  ABSTRACT

Computer Programming courses for physics students are expected to produce graduates who are capable of problem-solving and developing computer-based applications. However, programming learning is often perceived as a difficult and confusing subject for many students. This is primarily due to the complex nature of programming concepts, which can be challenging to comprehend and practice without sufficient experience. To address this issue, project-based learning (PBL) has been implemented in the Computer Programming course. The objective of this research is to evaluate the effectiveness of project-based learning in the Computer Programming course at the Department of Physics, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Semarang State University, using the Tylerian Objective Oriented Approach method, which includes the following steps: (1) goal setting, (2) project design, (3) project implementation, (4) data collection, and (5) data analysis. The study participants consisted of students enrolled in the Computer Programming course during the even semester of 2012/2013, with a total of 82 students from three classes included as the sample. Based on the assessment of the final course project (PAMK), it was found that the level of learning objectives achievement was moderately high, with an average PAMK score of 68.72. In terms of specific aspects, the benefit aspect had a score of 71.99, falling into the category of a moderately high level. Similarly, the design and layout aspect obtained an average score of 70.32, indicating a moderately high level. The creativity aspect had an average score of 67.56, also indicating a moderately high level. Likewise, the complexity aspect obtained an average score of 65.03, falling into the category of a moderately high level.

Keywords: project-based learning, computer programming course, course evaluation

REFERENCES

Amabile, T. M. (2012). The Social Psychology of Creativity (e-book). Springer Science & Business Media, Wiesbaden.

Bell, S. (2010). Project-based learning for the 21st century: Skills for the future. The clearing house, 83(2), 39–43.

Helle, L., Tynjälä, P., & Olkinuora, E. (2006). Project-based learning in post-secondary education–theory, practice and rubber sling shots. Higher education, 51, 287–314.

Land, S. M., & Hannafin, M. J. (1996). A conceptual framework for the development of theories-in-action with open-ended learning environments. Educational Technology Research and Development, 44(3), 37–53.

Munawaroh, R., Subali, B., & Sopyan, A. (2012). Penerapan Model Project Based Learning Dan Kooperatif Untuk Membangun Empat Pilar Pembelajaran Siswasmp. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 1(1).

Pressman, R. S. (2005). Software engineering: A practitioner’s approach. Palgrave macmillan.

Rahadi, D. R. (2007). Peranan teknologi informasi dalam peningkatan pelayanan di sektor publik. Seminar Nasional Teknologi, 2007, 1–13.

Sternberg, R. J., & Kaufman, J. C. (2010). Constraints on creativity. The Cambridge handbook of creativity, 467–482.

Stufflebeam, D. L., & Shinkfield, A. J. (1985). Objectives-Oriented Evaluation: The Tylerian Tradition. Dalam D. L. Stufflebeam & A. J. Shinkfield (Ed.), Systematic Evaluation: A Self-Instructional Guide to Theory and Practice (hlm. 69–87). Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/978-94-009-5656-8_3

Windharto, A., & Prabowo, S. H. (2006). Ergo-Design and Content Development Considerations for an Interactive Multimedia Kiosk. Nirmana, 8(1).

Wiryawan, M. B. (2011). User Experience (UX) sebagai bagian dari pemikiran desain dalam pendidikan tinggi desain komunikasi visual. Humaniora, 2(2), 1158–1166.

Published
2014-02-08
Section
Articles