Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning Berpendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics Untuk Memfasilitasi Pengembangan Keterampilan Komunikasi
Abstract
Masa pandemi Covid-19 telah mengubah proses pembelajaran yang mulanya dilakukan secara konvensional menjadi proses pendidikan jarak jauh, kondisi tersebut menyebabkan berbagai kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran. Proses pembelajaran jarak jauh terhambat dengan adanya kesulitan guru dalam menyusun media, dalam rangka meningkatkan keterampilan komunikasi. Tujuan penelitian yaitu menganalisis perkembangan keterampilan belajar Abad ke-21 peserta didik dengan pembelajaran berbasis STEM model PBL. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design menggunakan analisis rata-rata keterampilan komunikasi hasil observasi, Sampel penelitian peserta didik XI MIPA 2 SMA Negeri 3 Tegal berjumlah 34 orang. Keterampilan Keterampilan komunikas tulis peserta didik lebih menonjol dibandingkan komunikasi lisan dengan rerata indikator tertinggi yaitu mengartikulasikan ide atau gagasan.