EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MODEL PBL MENGGUNAKAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MAPEL IPA KELAS VII

  • Irsyam Farih Alfian Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang,Indonesia, 50229
  • Suharto Linuwih Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang,Indonesia, 50229
  • - Sugiyanto Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang,Indonesia, 50229
Keywords: Effectiveness, Problem Based Learning, Audiovisual

Abstract

Pada umumnya, pembelajaran didalam kelas pada beberapa sekolah masih menggunakan metode pembelajaran tradisional. Guru masih mendominasi dengan kegiatan ceramah. Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk melihat seberapa efektif model PBL menggunakan audio visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 3 Bodeh Pemalang. Metode penelitian menggunakan penelitian eksperimen yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil akhir analisis didapat pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 78,03 dengan uji gain sebesar 0,59. Sedangkan  pada kelas kontrol didapat nilai rata-rata 68,68 dengan uji gain 0,41. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL menggunakan audio visual efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII mata pelajaran IPA pada pokok bahasan perubahan wujud zat.

 

In general, the learning in the classroom in some schools are still using traditional learning methods. Teachers still dominate the discourse activities. This experimental study aimed to see how effective the use of audio-visual model of PBL to improve the learning outcomes of students of class VII SMPN 3 Bodeh Pemalang. The research method using experimental research consists of two classes, namely the experimental class and control class. The final result of analysis obtained in the experimental class earned an average rating of 78.03 with a gain of 0.59 test. While in the control class derived average value 68.68 and 0.41 gain test. The results showed that the application of the model using audio-visual PBL effectively improve student learning outcomes seventh grade science subjects on the subject of phase transition.

References

Akinaglu, Orhan. & Ruhan Ozkardes Tandogan. 2007. The effects of problem based active learning of student, academic achievement, attitude and concept learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education. 3(1):71-81.

Atan, H., Sulaiman, F., & Idrus, R.M. 2005. The effectiveness of problem-based learning in the web-based environment for the delivery of an undergraduate physics course. International Education Jurnal. 6(4), 430-437.

Awang, Halizah dan Ishak Ramli.2008. Creative Thinking Skill Approach Through Problem Based Learning: Pedagogy and Practice in the Enginering Clasroom. Internasional Journal of Human and Social Sciences. 3(1), 18-23.

Choridah, D.T. 2013. Peran Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif serta Disposisi Matematis siswa SMA. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Bandung, Vol 2, No. 2.

Khoiri, W., Rochmad, & Cahyono,A.N. 2013. Problem Based Learning berbantuan Multimedia dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(1).

Puspiatasari, L.D. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Gugus Srikandi Denpasar. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 2, No. 1.

Savery, J.R. 2006. Overview of Problem Based Learning: Definitions and Distinctions. Interdiciplinary Journal of Problem Based Learning, 1 (1) :9.

Sugandi, A.I.2010. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dengan setting Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Pencapaian Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi dan Kemandirian Belajar Siswa SMA di Kodya Bandung. Laporan penelitian IKIP Bandung : Tidak diterbitkan.

Supriadi, Md, Wy. Sujana, & Wy. Wiarta. 2013. Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audiovisual berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Gugus UBUD Gianyar. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Wahyudi, A., Suhartono, & Ngatman. 2012. Penggunaan media audio visual dalam peningkatan hasil belajar matematika. Solo : FKIP Universitas Sebelas Maret.

Section
Articles