PENGEMBANGAN LKS BERBASIS REACT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA KELAS VII SMP
Abstract
Pengembangan bahan ajar sering kali dilakukan sebagai inovasi untuk mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan dan kelayakan LKS Fisika berbasis REACT, serta menganalisis peningkatan kemampuan memecahkan masalah antara siswa yang menggunakan LKS Fisika berbasis REACT dengan siswa yang hanya menggunakan buku paket. Metode penelitian menggunakan metode R&D. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan tes. Subyek penelitian sebanyak 96 siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengembangan LKS Fisika berbasis REACT layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran dengan langkah-langkah: studi pendahuluan, pengembangan dan pengujian produk, pengolahan dan analisis data, dan penarikan kesimpulan kelayakan produk LKS. (2) LKS Fisika berbasis REACT layak digunakan sebagai bahan ajar dengan persentase kelayakan 93,67 % dan tingkat keterbacaan LKS 76 %. (3) Peningkatan kemampuan memecahkan masalah siswa setelah belajar menggunakan LKS Fisika berbasis REACT sebesar 0,48 kriteria sedang yang berarti produk LKS hanya cocok digunakan oleh siswa dengan kemampuan kognitif baik.
Â
Development of teaching materials is often done as innovation to achieve maximum learning. This research aims to analyze the development and the feseability of student worksheets based REACT subject physics, analyze increase problem-solving skills among students who use worksheets based REACT with students who only use textbook. Research methods using R&D. Data collection techniques using questionnaires, observation, and testing. Research subjects were 96 students. The result obtained from the reseach indicate that (1) the development of student worksheets based REACT subject physics decent used as teaching materials with the steps that preliminary studies, development and testing of the product, processing and analyzing data and drawing conclusions product feasibility student worksheets. (2) student worksheets based REACT subject physics decent used as teaching materials with eligibility percentage of 93,67 % and reading level student worksheet by 76 %. (3) increasing students' problem-solving skills after learning using worksheets based REACT is 0.48 with medium criteria. This means the product worksheet only suitable for use by students with good cognitive abilities.
References
Heryawanti, E. P. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kooperatif Sebagai Inovasi Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Geografi Kelas X SMA Negeri 3 Temanggung. Skripsi. Semarang: FIS Universitas Negeri Semarang
Husamah & Setyaningrum, Y. 2013. Desain Pembelajaran Berbasis Pencapaian Kompetensi: Panduan Merancang Pembelajaran Untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher
Johnson, N. 2012. Teacher’s and Student’s Perceptions Of Problem Solving Difficulties In Physics. International Multidisciplinary e-Journal, 1(5): 97-101. [ diakses 6-3-2015]
Karim, Y., Eraku, S.S., Supartin. 2014. Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Pada Mata Peljaran Geografi di SMA Se-Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. [diakses 2-10-2014]
Pahlevi, R.A. 2013. Keefektifan Ilustrasi Terhadap Kemampuan Mengingat Isi Cerita Pada Siswa Kelas 3 SDN 01 Sisir. [diakses 30-12-2014]
Prastowo. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jakarta: Gramedia
Ruggiero, T. E. 2000. Uses and Gratifications Theory in the 21st Century. Mass Communication & Society Journal, 3(1): 3-37. [diakses 6-3-2015]
Sambada, D. 2012. Peranan Kreativitas Siswa Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Fisika dalam Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 2(2): 37-47. [diakses 2-10-2014]
Setianingsih, K. 2012. Analisis LKS Karangan Tim MGMP IPS SMP Kabupaten Blitar Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Permasalahan Lingkungan Hidup dan Upaya Penanggulangan Dalam Pembangunan Berkelanjutan. [diakses 30-12-2014]
Susiana, E. 2010. IDEAL Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 1(2): 73-82. [diakses 2-10-2014 ]
Yasir, M., Susantini, E., Isnawati. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Strategi Belajar Metakognitif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pewarisan Sifat Manusia. Jurnal BioEdu, 2(1): 77-83.[diakses 30-12-2014]