PENGEMBANGAN KOMIK FISIKA BERBASIS ANDROID SEBAGAI SUPLEMEN POKOK BAHASAN RADIOAKTIVITAS UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS
Abstract
Pokok bahasan fisika pada sekolah menengah atas seringkali mengandung konsep abstrak, seperti pokok bahasan radioaktivitas. Terlebih, pokok bahasan radioaktivitas berada di akhir semester 2 kelas 12 SMA membuat siswa kurang mendalami pokok bahasan tersebut. Konsep abstrak bisa diatasi dengan menggunakan gambar, gambar dikembangkan dalam bentuk komik agar tercipta suasana belajar yang lebih menyenangkan dan menarik. Penelitian ini mengembangkan komik fisika bersifat mobile untuk sistem operasi Android sebagai suatu suplemen pembelajaran. Kelayakan komik diuji menggunakan metode angket, dokumentasi, serta tes rumpang untuk mengetahui tingkat keterbacaan komik. Angket diberikan kepada responden, yakni siswa kelas 12 SMA, guru fisika, ahli media, serta ahli materi. Penelitian ini menghasilkan aplikasi komik fisika berbasis Android sebagai suplemen pokok bahasan radioaktivitas untuk sekolah menengah atas. Skor rata-rata data responden sebesar 77,91% atau berada dalam kriteria baik, maka aplikasi komik fisika berbasis Android layak digunakan sebagai suplemen pembelajaran pada pokok bahasan radioaktivitas untuk sekolah menengah atas.
Â
The subject of physics at high school often contain the abstract concept, such as the subject of radioactivity. Moreover, subject of radioactivity was in the end of the 2nd semester grade 12 High School make students less explore the subject of the. Abstract concept can be overcome by using images, images developed in the form of comics in order to create atmosphere of learning more fun and interesting. This study developed a comic physics is mobile for Android operating system as a supplement learning. Feasibility comics tested using the questionnaire method, documentation, as well as the test hiatus to determine the level of the legibility of comics. Questionnaire given to the respondents, namely grade students 12 High School, physics teacher, media experts, as well as the matter experts. This research result in the application comic physics based Android as a supplement the subject of radioactivity for high school. The mean score of respondents data is 77.91% or in a good criterion, it’s means that the application comic physics based Android worth used as a supplement learning on the subject of radioactivity for high school.
References
Heryawanti, E. P. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kooperatif Sebagai Inovasi Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Geografi Kelas X SMA Negeri 3 Temanggung. Skripsi. Semarang: FIS Universitas Negeri Semarang
Husamah & Setyaningrum, Y. 2013. Desain Pembelajaran Berbasis Pencapaian Kompetensi: Panduan Merancang Pembelajaran Untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher
Johnson, N. 2012. Teacher’s and Student’s Perceptions Of Problem Solving Difficulties In Physics. International Multidisciplinary e-Journal, 1(5): 97-101. [ diakses 6-3-2015]
Karim, Y., Eraku, S.S., Supartin. 2014. Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Pada Mata Peljaran Geografi di SMA Se-Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. [diakses 2-10-2014]
Pahlevi, R.A. 2013. Keefektifan Ilustrasi Terhadap Kemampuan Mengingat Isi Cerita Pada Siswa Kelas 3 SDN 01 Sisir. [diakses 30-12-2014]
Prastowo. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jakarta: Gramedia
Ruggiero, T. E. 2000. Uses and Gratifications Theory in the 21st Century. Mass Communication & Society Journal, 3(1): 3-37. [diakses 6-3-2015]
Sambada, D. 2012. Peranan Kreativitas Siswa Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Fisika dalam Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 2(2): 37-47. [diakses 2-10-2014]
Setianingsih, K. 2012. Analisis LKS Karangan Tim MGMP IPS SMP Kabupaten Blitar Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Permasalahan Lingkungan Hidup dan Upaya Penanggulangan Dalam Pembangunan Berkelanjutan. [diakses 30-12-2014]
Susiana, E. 2010. IDEAL Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 1(2): 73-82. [diakses 2-10-2014 ]
Yasir, M., Susantini, E., Isnawati. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Strategi Belajar Metakognitif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pewarisan Sifat Manusia. Jurnal BioEdu, 2(1): 77-83.[diakses 30-12-2014]