EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI MEDIA ANIMASI DAN LKS MANDIRI PADA SISWA SMA

  • Fidge Arief Kusumo JurusanFisika, FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriSemarang,Indonesia, 50229
  • Langlang Handayani JurusanFisika, FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriSemarang,Indonesia, 50229
Keywords: comic, English language, interest in learning

Abstract

Komik merupakan media visual yang disukai berbagai kalangan. Komik dikemas dengan menggunakan dialog bahasa Inggris yang sederhana. Penggunaan bahasa Inggris di sekolah sangat penting dalam meningkatkan kemampuan berbahasa asing siswa guna bersaing di dunia internasional. Minat belajar siswa sangat penting dalam pembelajaran di sekolah. Penelitianinimenggunakanmetoderesearch and development. Bentukdesaineksperimennyaadalahpre-experimentaldesigndenganjenispretest and posttestone groupdesign. Penelitian ini mencakup tiga tahap, yaitu define atau penetapan, design atau perencanaan, dan  development atau pengembangan.

 

Comic is visual media which loved by all people. Comic is packed with simple English dialouge. English at school is very important for improve student’s ability foreign language in the world. Interest in learning is very important in school. The experimental design is pre-experimental design with pretest and posttest one group design. This research including three steps, there are define, design and development.

References

Albert. 2014. The Process of Creating Comic Books. Tersedia di http://comicbooks.about.com/od/creatingcomicbooks/tp/process.htm [diakses 22-02-2014].

Arsyad, A. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

BSNP.2007. Kapal itu bernama UN. Vol.II/No.1/Januari 2007. Jakarta : BSNP.

DPR RI dan Presiden RI. 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Tersedia di kemenag.go.id/file/dokumen/UU2003.pdf. Jakarta: DPR RI.

Firmansyah. 2011. Pengertian dan Sejarah Photoshop. Tersedia di http://blog.um.ac.id/trifirmansyah/2011/12/08/pengertian-dan-sejarah-photoshop/ [diakses 28-12-2014].

Gradoll, D. 2000. The future of English?. UK : The British Council.

Hjarvard, S. 2003. The Globalization of Language. Tersedia di http://denizo.opia.dk/la.trezorejo/alilingve/hjarvard.The.Globalization.of Language.pdf [diakses 25-09-2014].

Khoirudin, D. Wahyuningsih ,&D.Teguh. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Mind Jet Mindmanager 9 untuk Siswa SMA pada Pokok Bahasan Alat Optik. Tersedia di http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pfisika/article/view/1772 [diakses 21-02-2013].

Kuswandari, W. Sunarno & Supurwoko. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Fisika SMA dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Pengukuran besaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika (2013) Vol.1 No.2 halaman 41.

Mediawati, E. 2011.Pembelajaran Akuntansi Keuangan melalui Media Komik untuk Meningkatkan Prestasi Mahasiswa.Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1): 68-76.Tersedia di http://journal.upi.ac.id [diakses27-12-2013].

Millah, L. Suhendra B., & Isnawati. 2012. Pengembangan Buku Ajar Materi Bioteklogi di Kelas XII SMA IPIEMS Surabaya Berorientasi Sains,Teknologi, Lingkungan, Dan Masyarakat (Sets). Tersedia di http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu [diakses 28-10-2014].

Muntaha. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Tersedia di http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/rt/printerFriendly/2985/0 [diakses 25-02-2013].

Purwanto. 2013. Pengembangan Media Komik IPA Terpadu Tema Pencemaran Air.Jurnal Pendidikan Sains e-Pensa. Volume 01 Nomor 01 Tahun 2013, 71-76.

Rosenblum, B. 2008. How to Study Physics. Tersedia di http://griffin.ucsc.edu /teaching/08Q4 6A/Rosenblum%20Tips.pdf [diakses 27-08-2014].

Sadiman, dkk. 2011. Media Pendidikan: Pengertian, pengembangan dan manfaat. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sebayang, P., 2011, Fisikawan Gampang Dibajak Pemerintah Kurang Perhatian, Pusat Pelatihan Fisika LIPI. Tersedia di http://www.fisika.lipi.go.id/in/?q=node/392518 [diakses 28-08-2014].

Serway. 2004 . Physics for Scientists and Engineers6th Edition. Thomson Brooks/Cole.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Suadi. 2014. Pentingnya Bahasa Inggris dalam Pasar Bebas ASEAN 2015. Tersedia di http://mdn.biz.id/n/100344/ [diakses 22-12-2014].

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Sutanto. 2014. Subjek : Bahasa Indonesia/Materi. Tersedia di http//id.m.wikibooks.org/wiki/Subjek:Bahasa_Indonesia/Materi:Resensi [diakses 22-12-2014].

Syah.1997.Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Tipler, P. A. 1998. Fisika untuk Sains dan Teknik Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Vicky. 2014. Pengertian dan Kegunaan Program Corel Draw. Tersedia di http://belajar-komputermu.com/pengertian-dan-kegunaan-program-corel-draw/ [diakses 28-12-2014].

Wahyuningsih. 2011. Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Sistem Saraf untuk Pembelajaran yang Menggunakan Strategi PQ4R. Jurnal PP volume 1, no. 2. Tersedia http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpppasca/article/download/1533/1709 [diakses 21-02-2014].

Waluyanto.2005. KomikSebagai Media Visual Pembelajaran.Nirmana.7(1): 45-55.Tersedia di http://journal.petra.ac.id [diakses29-12-2013].

Wardani, I. Sucahyo, T. Prastowo & M. Anggraini. 2013. Tinjauan ulang materi ajar gerak lurus beraturan melalui percobaan gravity current dalam skala laboratorium. Tersedia dihttp://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpfi [diakses 29-08-2014].

Wiyanto. 2009. Terjebak Rutinitas Fisika Jadi Membosankan. Universitas Negeri Semarang. Tersedia di http://www.fisikanet.lipi.go.id/utama.cgi?cetakartikel&1262401114 [diakses 28-08-2014].

Section
Articles