PENGEMBANGAN EVALUASI PETA KONSEP DALAM PEMBELAJARAN INKUIRI PADA POKOK BAHASAN KALOR

  • nurul sofiana Jurusan Fisika, FMIPA, Gedung D7 Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229, Universitas Negeri Semarang
  • Ngurah made darma putra Jurusan Fisika, FMIPA, Gedung D7 Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229, Universitas Negeri Semarang
  • sunyoto eko nugroho Jurusan Fisika, FMIPA, Gedung D7 Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229, Universitas Negeri Semarang
Keywords: evaluation tools, concept map, inquiry, heat

Abstract

Alat evaluasi peta konsep dapat digunakan untuk mengetahui struktur kognitif siswa karena dapat menggambarkan pemahaman konsep siswa setelah pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan perangkat evaluasi peta konsep dalam pembelajaran inkuiri, mengetahui validitas dan reliabilitas peta konsep, mengetahui efektivitas alat evaluasi peta konsep, dan mengetahui alat evaluasi peta konsep yang dikembangkan dapat mengukur struktur kognitif siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R & D). Evaluasi peta konsep terdiri atas dua jenis yaitu peta konsep tanpa daftar konsep, dan peta konsep dengan daftar konsep. Implementasi alat evaluasi peta konsep dilakukan pada siswa yang telah mengikuti pembelajaran kalor dengan metode inkuiri terbimbing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua peta konsep valid dan reliabel. Alat evaluasi peta konsep tanpa daftar konsep dengan soal belum efektif untuk menggambarkan pemahaman siswa tentang kalor. Peta konsep dengan daftar konsep dengan soal uraian efektif digunakan dalam pembelajaran inkuiri.

Concept map, as evaluation tools, could be used to know kognitive structure because it could ilustrate the student’s understanding conceptual after learning. This research aims to develop the evaluation tools of concept map in inquiry learning, determine its validity and reliability, know the affectivity of concept map, and know that the evaluation tools of concept map could be used to measure student’s cognitive structure. The methode of this research is Research and Development. Concept map evaluation consists of two types, those are the no concept provided and the selected in the key concept list. The implementation of the concept map as evaluation tools is given to the student who got learning about heat with guided inquiry methode. The results of the research showed that the both of concept map are valid and reliable. The evaluation tools of concept map with no concept provided have no same varians with esay test, so that this concept map do not have enough affectivity to ilustrate the student’s understanding concept about heat. On the other hand, concept map with selected in the key concept list have the same varians with esay test, as the result this concept map have affectivity to be used in inquiry learning.

 

References

Ali, Mohammad. 1993. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.

Akkaya, R., Karakirik, E., dan Durmus, S. 2005. A Computer Assessment Tool for Concept Mapping. Journal of Educational Technology. Vol. 4 : 1303-6521.

Azwar, S. 2010. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Jasien, P.G., Oberem, Graham E. 2004. Measuring The Effectiveness of An Inkuiri-oriented Summer Physics Course for In-service Teachers. Jurnal Physics Teacher Education Online. Vol. 2 :17-23.

Liu, et al. 2002. Struktural Characteristic of University Engineering Students Conceptions of Energy. Journal of Research in Science Teaching. 39: 423-441.

McClure, J.R., Sonak, B., dan Suen, H.K. 1999. Concept Map Assessment of Classroom Learning: Reliability, Validity, and Logistical Practicality. Journal of Research in Science Teaching. Vol. 36 : 475492.

Santrock, J. W. 2007. Remaja Edisi 11 Jilid 1. Jakarta : Erlangga

Stoddart, T., Abrams, R., Gasper, E., & Canaday, D. 2000. Concept Maps as Assessment in Science Inkuiri Learning - A Report of MethodologyThe International Journal of Science Education. Vol. 22 : 1221-1246.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Rosdakarya.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Widyaningtyas, R. 2010. Pembentukan Pengetahuan Sains, Teknologoi dan Masyarakat dalam Pandangan Pendidikan IPA. Jurnal Pendidikan dan Budaya.

Section
Articles