PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN TEKNOLOGI MULTIMEDIA UNTUK PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP DAN PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA SMA KELAS XI

  • Adelina Ryan Candra Dewi Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Sarwi Sarwi Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Agus Yulianto Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Contextual Learning, Multimedia Technology, Concept Mastery, and Character Education.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan keefektifan penerapan pembelajaran kontekstual dengan teknologi multimedia dalam meningkatkan penguasaan konsep dan pengembangan karakter siswa pada pokok bahasan fluida statis. Penguasaan konsep siswa meliputi ranah kognitif dan pengembangan nilai karakter siswa meliputi nilai disiplin, jujur, toleransi dan kreatifitas. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA 1 Jekulo Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Sampel diambil dengan teknik sampling purposive, kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan penguasaan konsep kelas eksperimen mempunyai nilai rata-rata 84,0. Dengan uji hipotesis t-test maupun uji gain menunjukkan bahwa penguasaan konsep kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Uji gain nilai karakter siswa menyimpulkan bahwa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Kesimpulannya bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dengan teknologi multimedia efektif untuk peningkatan penguasaan konsep dan pengembangan karakter siswa.

 

This research aim to determine the effectiveness of the implementation of contextual learning with multimedia technology in improving concept mastery and character development of students based on the subject of static fluid. Concept mastery of students include cognitive and development of character value includes the value of discipline, honesty, tolerance and creativity. This research was conducted using experimental methods research design Nonequivalent Control. The population is all high school students of group XI IPA 1 Jekulo academic year 2014/2015. The samples were taken with purposive sampling purposive, a group XI IPA 3 as the experimental group and group XI IPA 2 as the control group.The results of this research showed concept mastery of the experimental class has an average value of 84.0. The test with t-test hypothesis and the gain test showed that concept mastery of experimental group is better than the control class. The test of gain value characters students concluded that the experimental class is better than the control class. In conclusion that the implementation of contextual learning with multimedia technology effectively to increase the concept mastery and character development of students.

References

Afiffah, N., N. A. N Murniati., & Susiawati. 2013. Penerapan Pendekatan Kontekstual Menggunakan Media Video untuj Meningkatkan Hasil Belajar Fisika pada Kelas XI RPL SMK N 8 Semarang. Seminar Nasional 2ndLontar Physics Forum. Semarang: IKIP PGRI Semarang

EFA Global Monitoring Report. 2015. Education For All 2000-2015 Achievements and Challenges. France : United Nations Educational Scientific and Cultural Organization.

Khusniati. M. 2012. Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 1 (2): 204-210. Tersedia di http://journal.unnes. ac.id/indes.php/jpii [ diakses 27-01-2015].

Masrukan. 2014. Assesment Otentik Pembelajaran Matematika. Semarang : FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Munawaroh, R., B. Subali., & A. Sopyan. 2012. Penerapan Model Project Based Learning dan Kooperatif untuk Membangun Empat Pilar Pembelajaran Siswa SMP. Unnes Physics Education Journal, 1 (1) ; 34-37.

Muslih, A., W. Sunarno., & N. S. Aminah. 2013. Pembelajaran Berbasis ICT Religi Model Animasi untuk Meningkatkan Karakter dan Prestasi Belajar Listrik Dinamis Pada Peserta Didik SMA Negeri 8 Surakarta. Jurnal Inkuiri, 2 (3) : 302-310.

Nurmeidina, R. 2013. Penguatan Peran Matematika dan Pendidikan Matematika untuk Indonesia yang Lebih Baik. Seminar Nasional Matematika dan Penddidikan Matematika. Yogyakarta : UNY

Patmawati, D., R. Johar., & T. Zubaidah. 2013. Pembelajaran Segitiga dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Karakter di Kelas VII SMP Negeri 3 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Matematika. 6 (2): 120-129.

Sadia, I. W., Putu A., & Wayan M. 2013. Model Pendidikan Karakter Terintegrasi Pembelajaran Sains. Jurnal Pendidikan Indonesia. 2(2): 209-2019.

Saregar, A., W. Sunarno., & Cari. 2013. Pembelajaran FIsika Kontekstual Melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi Diskusi Menggunakan Multimedia Interaktif Ditinjaun Dari Sikap Ilmia dan Kemampuan Verbal Siswa. Jurnal Inkuiri., 2 (2) : 100-13.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suniati, N. M. S., W. Sadia, & A. Suhandana. Pengaruh implementasi Pembelajaran Kontestual Berbantuan Multimedia Interaktif Terhadap Penurunan Miskonsepsi. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4 (2) : 6-13. Tersedia di pasca.undiksha.ac.id/e-journal [diakses 1-4-2015].

Suryawati, E., K. Osman., & T.S.M Meerah. 2010. The effectiveness of RANGKA Contextual teaching and Learning on students problem solving skills and scientific attitude. Procedia Sosial and Behavioral. Riau : University Indonesia.

Surinata, I. M. 2013. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual dan Penggunaan Media ICT terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 1 Banjarangkan. Jurnal Ilmiah Disdikpora Kabupaten Klungkung, 1 (1) : 8-15.

Triyanto, E., S. Anifah., & N. Suryani. 2013. Peran Kepempimpinan Kepala Sekolah Dalam pemanfaatan Media Pembelajaran SEbagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1 (2) : 226 -237.

Wahyuni, E. 2011. Pengaruh Pemanfaatan Multimedia Dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Pemerolehan Belajar. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 1 (1) : 694-709.

Warsita, B. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Section
Articles