ANALISIS ILUSTRASI GAMBAR PADA BUKU TEKS FISIKA KELAS XI YANG BANYAK DIGUNAKAN DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN DEMAK

  • Ani Cahyati Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Hartono Hartono Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: analysis, picture illustration, physics textbook

Abstract

Buku teks pelajaran fisika yang tersebar di SMA Negeri Kabupaten Demak sangat bervariasi dan belum diketahui kualitas ilustrasi gambarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas ilustrasi gambar pada buku teks pelajaran fisika yang dilihat dari aspek pencerminan isi buku, pemerjelas dan pemermudah, dan daya tarik ilustrasi gambar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan instrumen wawancara dan angket untuk menganalisis tiga sampel buku yang dipilih. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan teknik triangulasi data. Penyajian data dalam bentuk deskriptif naratif. Data disajikan dalam bentuk uraian, sehingga memudahkan untuk memahami apa yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pencerminan ilustrasi gambar ketiga sampel buku termasuk dalam kategori sangat baik. Kualitas daya pemermudah dan pemerjelas secara berturut-turut adalah buku A sangat baik, buku B sudah baik, dan buku C sudah baik. Kualitas daya tarik ilustrasi gambar secara berturut-turut buku A sangat baik, buku B baik, dan buku C sudah baik.

 

Physics books distributed in State Senior High Schools on Demak regency are variable and unknown quality of the picture illustration. This study aims to determine the quality of the illustrations in textbooks that are seen from the aspect of reflection book, explanatory, easy to learn and the attractiveness of illustrations. This study is a qualitative study using interviews and questionnaire instruments to analyze three samples of selected books. The data collected were analyzed using the technique of data triangulation. Presentation of data in the descriptive narrative form. The data presented in narrative form, making it easier to understand what is happening. The results show a reflection of the quality of the three sample illustrations of books including the excellent category. Power quality explanatory and easy to learn, book A is very good book, book B has a good book, and book C also has a good book. Quality attractiveness illustrations book A is very good book, book B is a good book, and book C have good book.

References

Devetak, I., Vogrinc, J., & Glazar, S.A. 2010. States Of Matter Explanation in Slovenian Textbooks for Students Aged 6 to 14. International Journal of Environmental And Science Education 5 (2) : 217-235.

Fadhilah, Masyahuratul, dkk. 2012. Analisis Buku Ajar IPA Biologi yang Banyak Digunakan di SMP Negeri Kabupaten Jepara. Unnes Journal of Biology Education : 87-90.

Muslich, Masnur. 2010. Textbook Writing. Yogyakarta : Ar-Ruz Media.

Nugroho, Ikhlasul Ardi. 2009. Analisis dan Studi Komparatif Buku Sekolah Elektronik Sains Terhadap Buku Cetak Sains Untuk Sekolah dasar Menggunakan Science textbook Rating System. Laporan Program DIA Bermutu. Yogyakarta : UNY.

Sitepu. 2005. Memilih Buku Pelajaran. Jurnal Pendidikan Penabur : 113-126.

Sukiniarti. 2009. Pendekatan Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA di Kelas Awal Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 15 (2) : 375

Section
Articles