Marketing Politik Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Dalam Mempertahankan Basis Pendukung di Kabupaten Jepara
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Partai Persatuan Pembangunan (PPP) merupakan partai agamis yang mendominasi di Kabupaten Jepara. Kekuatan yang dimiliki PPP di Kabupaten Jepara berasal dari basis pendukung tetap yang mereka peroleh dari tahun ke tahun. Untuk memperoleh dan mempertahankan basis dukungan dalam suatu partai politik, maka tidak terlepas dari kegiatan menawarkan produk politik atau yang lebih dikenal dengan istilah marketing politik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Latar penelitian ini dilakukan di DPC PPP dan Kantor Fraksi PPP Kabupaten Jepara. Fokus penelitian ini adalah marketing politik yang dilakukan oleh PPP dalam mempertahankan basis pendukungnya di Kabupaten Jepara. Sumber data yang digunakan terdiri atas data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data didapatkan dari wawancara dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber. Kemudian, data yang telah diperoleh dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan melakukan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan marketing politik PPP di Kabupaten Jepara dilakukan dengan memanfaatkan pengaruh tokoh, mempertahankan konsistensi kegiatan rutin, menawarkan program dan kegiatan serta selalu menjaga komunikasi dengan basis pendukung mereka. Faktor kekuatan PPP di Kabupaten Jepara meliputi pengaruh kuat tokoh, basis pendukung yang setia, konsistensi kegiatan rutin, aktifnya jaringan struktural partai dan kader yang tersebar di berbagai organisasi. Faktor kelemahan PPP di Kabupaten Jepara meliputi adanya perbedaan antara golongan tua dan golongan muda, belum ada inovasi signifikan pada program dan kegiatan, sumber dana terbatas, persaingan individu dan kurangnya pemanfaatan sumber daya manusia yang dimiliki.