Abstract





Abstrak




 






Guru perlu memperhatikan penguasaan konseptual siswa dan menyampaikan materi dengan jelauntuk mengurangi kesalahpahaman pada konsep IPA. Oleh karena itu perlu menggunakan media pembelajaran yang tepat untuk mendukung proses pembelajaran. Media kartu pintar tumbuhan dengan topik Gerak Tumbuhan terbukti membantu siswa mengembangkan penguasaan konseptual dan menumbuhkan minat belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media kartu pintar tumbuhan berbasis science edutainment terhadap minat belajar dan pemahaman konseptual pada tema Gerak Tumbuhan. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen quasi experimental design. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 37 Semarang dengan subjek penelitian siswa kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai posttest pemahaman konsep siswa siswa kelas eksperimen adalah 86,875 sedangkan kelas kontrol 78,625 dengan rb=0,63. Hasil penilaian minat belajar siswa yang diukur melalui lembar observasi menunjukkan rata-rata kelas eksperimen 90,469 > rata-rata kelas kontrol 85,219 dan didapat rb=0,63.


 



 


 



 


 




 






Abstract


Teacher needs to pay attention on students’ conceptual mastery and deliver the material clearly to reduce the misconception .Therefore it is necessary to use appropriate instructional media to support the learning process. Media of smart cards with plants topic is proved to help students develop their conceptual mastery and grow their learning interest. The purpose of this research is to find the influence of smart card media based on science edutainment towards conceptual mastery in Plant in Motion theme. This research used quasi experimental design and conducted in SMP 37 Semarang carrying with 8th grader as the subject. The research result shows average score posttest of experiment group is 86,875 while control group is78,625 with rb = 0,63 . Students’ learning interest shows the average of experiment group 90,469 was higher than average control group 85,219.