Abstract

Abstrak


____________________________________________________________________


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran materi listrik dinamis menggunakan media KIT listrik yang dilengkapi PhET untuk IPA SMP yang valid, praktis, dan efektif untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan tiga tahap dari model 4- D, yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan diujicobakan di kelas IX SMP Negeri 1 Kertek Wonosobo semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Parameter penelitian yang diukur adalah validitas, kepraktisan, dan efektivitas perangkat pembelajaran. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran menggunakan media KIT listrik yang dilengkapi PhET untuk materi listrik dinamis IPA SMP yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa.


Abstract


___________________________________________________________________


The objective of this research is to design electrical dynamic learning package using KIT media which is equipped with PhET for teaching Junior high school which is valid, practice and effective to teach the science process skills. This study was conducted in 3 steps of 4-D models, i.e. define, design and develop, and it has been tried out for ninth grade students of SMPN 1 Kertek Wonosobo in the first semester of academic  year  2016/2017.  The  criteria  of  this  learning  package  are  validity,  practicality,  and effectiveness. The research applied One Group Pretest-Posttest design. The method of data collection are observation, documentation and test. The technique of the data analysis used are descriptive quantitative and qualitative method.  The result shows that the learning package is valid, practice and effective to teach students science process skills.