Abstract

Abstrak


___________________________________________________________________


Ketersedian alat-alat praktikum dalam pembelajaran IPA sangat dibutuhkan untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 10 Semarang intensitas praktikum rendah karena ketiadaan alat-alat praktikum yang mendukung dalam kegiatan pembelajaran. Intensitas praktikum yang rendah mengakibatkan rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik. Keterampilan berpikir kritis menjadi salah satu variabel yang turut mempengaruhi pemahaman konsep peserta didik. Ketersediaan alat-alat praktikum yang tidak lengkap menuntut guru untuk tetap dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan memanfaatkan media pembelajaran yang dapat mendukung peserta didik untuk dapat melakukan praktikum secara virtual. Media pembelajaran yang dapat mendukung pelaksanaan praktikum secara virtual adalah virtual laboratory. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui pengaruh virtual laboratory berbasis flash animation terhadap pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada tema optik kelas VIII SMP. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besar korelasi pemahaman konsep peserta didik adalah 0,660 yang menunjukkan dalam kategori kuat dan hasil analisis korelasi keterampilan berpikir kritis peserta didik sebesar 0,729 berdasarkan data observasi dan 0,69 berdasarkan data posttest yang menunjukkan dalam kategori kuat. Pengaruh dari penggunaan virtual laboratory berbasis flash animation terhadap pemahaman konsep peserta didik sebesar 43,53%, sedangkan pengaruh dari penggunaan virtual laboratory berbasis flash animation terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik sebesar 53,14% berdasarkan data observasi dan 47,06% berdasarkan data posttest. Kesimpulannya adalah bahwa terdapat pengaruh virtual laboratory berbasis flash animation terhadap pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis.


Abstract
___________________________________________________________________


Availability of practical tools in learning of science subject is needed to achieve the learning objectives. Based on observations in Junior High School 10 Semarang, practicum low intensity because of practical tools ara not available that support learning activities. The intensity of practicum is low, it make critical thinking skills of students is low. Critical thinking skills to be one of the variables that influence of understanding concept of learners. Availability of practicum tools that incomplete requires teachers to achieve the learning objectives by using media that can support learners to be able to do practicum virtually. Media that can support to do practicum virtually is a virtual laboratory. This study aims to determine the influence of virtual laboratory based flash animation againts understanding concepts and critical thinking skills of students in grade VIII SMP in optical theme. The population used in this study were all students of grade VIII Junior High School 10 Semarang academic year 2015/2016. Sampling technique used is purposive sampling and obtained VIII C as the experimental class and VIII F as the control class. The design of study is nonequivalent control group design. The results showed that the correlation value of understanding concept of students is 0.660 which shows in the strong category and correlation analysis of students' critical thinking skills of 0,729 based on observational data and 0.69 based on the posttest data that shows in the strong category. The influence of the use of virtual laboratory-based flash animation againts understanding concept of students is 43.53%, whereas the influence the use of virtual laboratory based flash animation againts the critical thinking skills of students is 53.14% based on observational data and 47.06% based on the posttest data. The conclusion is there are infuence of virtual laboratory based flash animation againts understanding concepts and critical thinking skills.