PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEL DI SMA
Abstract
Abstrak
___________________________________________________________________
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran discovery dengan mind mapping terhadap hasil belajar aspek kognitif, afektif, dan psikomotor siswa pada materi sel di SMA. Penelitian ini menggunakan desain Quasi-Eksperimental tipe Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di SMA Negeri 1 Salatiga berjumlah 192 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan sampel yang digunakan berjumlah 62 siswa. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar kognitif yaitu 82,72 (melampaui KKM aspek kognitif yang ditetapkan yaitu 75). Hasil belajar afektif siswa yang dicapai yaitu 51,61% siswa memperoleh predikat A dan 48,38% siswa berpredikat B (melampaui KKM aspek afektif yang ditetapkan yaitu B). Hasil belajar psikomotor yang dicapai yaitu 4,38% siswa mencapai nilai A, 22,58% siswa mencapai A-, 59,67% siswa mencapai B+, dan 12,90% siswa mencapai B (melampaui KKM aspek afektif yang ditetapkan yaitu B). Ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 93,54%. Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran discovery dengan mind mapping berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor siswa pada materi sel di SMA.
Abstract
___________________________________________________________________
This research aimed to analyze the effect of discovery learning model with mind mapping to biology learning achievement in cognitive, affective, and psychomotor abilities on cell lesson at Senior High School. This research using Quasi-Experimental type Posttest Only Design. The population in this research were 192 students in SMA Negeri 1 Salatiga. The sample of this research determined by purposive sampling and samples used were 62 students. The results showed the average cognitive achievement is 82.72. Affective learning achievement of students show 51.61% of students predicated A (excellent) and 48.38% of students predicated B (good). Psychomotor learning achievement showed 4,38% of students predicated A, 22,58% of students predicated A-, 59,67% of students predicated B+, and 12.90% of students predicated B. Learning achievement classically is 93,54%. The conclusion in this research is application of discovery learning model learning with mind mapping affect to biology learning achievement in cognitive, affective, and psychomotor abilities on cell lesson at Senior High School.