PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA TERPADU BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA TEMA DAMPAK BAHAN KIMIA RUMAH TANGGA TERHADAP LINGKUNGAN
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru SMP Negeri 3 Muntilan diketahui pembelajaran IPA di sekolah tersebut belum dilaksanakan secara terpadu. Penyebab belum terlaksananya pembelajaran IPA terpadu salah satunya adalah tidak tersedianya bahan ajar. Kendala lain yang dialami, guru dihadapkan dengan krisis karakter pada siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan bahan ajar IPA terpadu berbasis pendidikan karakter yang sesuai dengan kriteria penilaian dari BSNP. Desain yang diterapkan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Muntilan dengan menggunakan subjek penelitian siswa kelas VIII E untuk uji coba skala kecil dan siswa kelas VIII D untuk uji skala besar. Rekapitulasi hasil uji kelayakan bahan ajar oleh validator I sebesar 77,99% (layak), dan oleh validator II sebesar 95,97% (sangat layak). Tingkat ketuntasan klasikal pada uji coba skala kecil dan uji skala besar adalah 100%. Rata-rata hasil belajar pada uji coba skala kecil adalah 85,56 dan pada uji skala besar adalah 91,62. Hasil penilaian karakter siswa pada uji coba skala kecil dan uji skala besar secara keseluruhan muncul dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahan ajar IPA terpadu berbasis pendidikan karakter pada tema Dampak Bahan Kimia Rumah Tangga terhadap Lingkungan yang dikembangkan dinyatakan valid oleh pakar dan dapat memunculkan karakter siswa sehingga efektif dan dapat diterapkan bagi siswa SMP/ MTs Kelas VIII.
Based on observations and interviews result with teachers of SMP Negeri 3 Muntilan it is known that science learning in the school has not been implemented integratedly. It is caused by the instructional material wasn’t provided. Another problem is the teachers are faced with student’s character crisis. The purpose of this research is to develop an integrated-science based on character education that is appropriate for BNSP assessment criteria. The research design is research and development. This research was conducted at SMP Negeri 3 Muntilan research subjects was VIII E grade students for minor scale trial and VIII D grade for large scale test. The recapitulation of worthiness teaching material result test by validator I was 77.99% (it is appropriate), and by the validator II was 95.97% (it is very appropriate). Classical thoroughness level in small-scale trial and large-scale trial was 100%. Learning result average in small-scale trial was 85.56 and the large-scale test is 91.62. Overall, character education results in small-scale trial and large-scale trial are on good criteria. It can be concluded that developed integrated-science teaching materials based on the character education on Household Chemicals Impacts to the Environment is valid based on judgment and it can develop the students positive characters so that it is effective and can be applied to SMP / MTs grade VIII students.