Abstract

Bahan ajar digunakan untuk membantu guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Bahan ajar yang menarik membuat suasana belajar di kelas menjadi menyenangkan. Penelitian bertujuan menghasilkan sebuah bahan ajar IPA terpadu yang menarik yang layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran yaitu komik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Produk yang telah dikembangkan divalidasi oleh dua pakar kemudian dilakukan pengujian skala kecil dan skala besar. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah data validasi produk oleh pakar, angket tanggapan guru dan siswa terhadap komik bahan ajar IPA terpadu, data motivasi belajar siswa serta data pemahaman konsep siswa. Hasil penelitian komik yang dikembangkan tergolong layak berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh pakar dan efektif digunakan dalam pembelajaran karena dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan pemahaman konsep siswa terhadap materi juga meningkat.

 

Instructional materials used to assist teachers in implementing the teaching and learning activities. Interesting teaching materials make learning atmosphere in the classroom to be fun. Research aims to produce an effective, decent, and attractive integrated science teaching materials, namely comic. The method that used in this research is research and development (R and D). The product has been developed validated by two experts then testing a small scale and large scale. Data were analyzed in this research is a data product validation by experts, questionnaire responses of teachers and students toward an integrated science teaching materials comics, student motivation’s data, and student’s understanding of concepts data. The results comic developed was relatively decent based on the results of the validation are performed by experts and effectively used in learning because it can increase student’s motivation and student’s conceptual understanding of the material increases.