PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN EDUCATION GAME PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU TEMA CAHAYA UNTUK SISWA SMP/MTs
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses pengembangan dan keefektifan multimedia interaktif dengan education game pada pembelajaran IPA terpadu tema cahaya untuk siswa SMP/MTs. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Ada dua tahapan dalam penelitian ini, yaitu tahap proses pengembangan multimedia interaktif dengan education game dan uji efektivitas. Dalam penelitian ini efektivitas diukur dari siswa yang memiliki minat dan aktivitas sangat tinggi mencapai 75% total siswa, dan siswa yang mencapai nilai mencapai 75% total siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian validator terhadap multimedia interaktif sangat layak. Pada uji coba skala kecil dan skala besar siswa memberikan penilaian sangat layak dan layak pada multimedia interaktif. Selain itu tanggapan siswa dan guru terhadap multimedia interaktif menunjukan tanggapan yang sangat baik. Pada uji coba pemakaian diketahui bahwa semua kriteria efektif dapat terpenuhi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa multimedia interaktif dengan education game efektif dan layak digunakan sebagai media pembelajaran IPA terpadu tema cahaya untuk siswa SMP/MTs.
The study aimed to analyze the process of development and effectiveness of interactive multimedia with education game on integrated science learning light themes for Junior High School students. This is a Research and Development (R&D) work. In the study there are two steps. The first one is the process of developing interactive multimedia with education game. The second one is effectiveness test. The result of the study that is validator consider interactive multimedia is very feasible. In the small scale and big scale test the students consider it is very feasible and feasible. In addition, the students and teachers’s response toward the interactive multimedia are well. In the test of usage it is known that all effective criteria is fulfilled. According to the result of the study with interactive multimedia is effective and feasible to use as the learning media integrated science of light themes for Junior High School students.