Abstract

Abstrak


Diberlakukannya kurikulum 2012 yang berbasis kompetensi dan konservasi di Unnes menuntut konsekuensi penerapan
teknik penilaian yang sesuai yaitu autentik asesmen. Salah satu penilaian yang dapat diterapkan adalah portofolio. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan teknik penerapan penilaian portofolio, menentukan dampaknya bagi dosen,
asisten, dan mahasiswa, serta mengetahui kendala penerapan penilaian portofolio. Penelitian eksperimen ini menerapkan
model pembelajaran yang sesuai dengan penerapan penilaian portofolio pada matakuliah Statistik, berupa pemberian
tugas untuk menganalisis buku dan pemecahan/penyelesaian soal pada Rombel 1 dan membuat karya tulis dan
mempresentasikan bagi Rombel 2. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase dan gain ternormalisasi. Hasil
penelitian berupa teknik penerapan penilaian portofolio dengan model pembelajaran yang menekankan penugasan.
Penerapan penilaian portofolio ini memberikan dampak positip bagi dosen pengampu, asisten dan mahasiswa yang
menempuh matakuliah tersebut. Dampak bagi dosen antara lain terjadi peningkatan kemampuan pedagogi dalam
pengembangan instrumen dan penerapan penilaian portofolio. Dampak bagi asisten antara lain lebih mendalami materi
Statistik dan praktik menerapkan teknik penilaian portofolio sebagai bekal untuk pelaksanaan di dunia kerjanya kelak.
Dampak bagi mahasiswa dapat dilihat dari peningkatan kemampuan menganalisis buku, kemampuan memecahkan soal,
komunikasi tulis, komuniksi lisan, dan penguasaan konsep Statistik. Penugasan untuk penyelesaian soal memberikan
dampak lebih baik dalam penguasaan konsep Statistik daripada. penugasan pembuatan k arya tulis dan
mempresentasikannya. Kendala yang timbul ketika menerapkan penilaian portofolio adalah diperlukan waktu lebih
banyak dan harus segera menyelesaikan koreksi agar dapat dilihat trend atau peningkatan dari tugas satu ke tugas
berikutnya.


Abstract


The curriculum 2012 that competency-based and conservation-based had enacted. The consequences of the applied this curriculum
requires to apply appropriate assessment technique that was the authentic assessment. One of the assessment technique that can be
applied was the portfolio assessment. The purpose of this study was to describe the technique of implementation of portfolio assessment,
determine the implications for teachers, assistants, and students, as well as knowing the obstacles of the portfolio assessment. This
experimental research was apply learning model that corresponds to the implementation of portfolio assessment on Statistics subjects, the
task of analyzing books and problem-solving in learning-groups 1 and make a scientific paper and presented to learning-group 2. Analysis
using percentage descriptive and normalized gain. The result of this research is portfolio assessment techniques by learning models that
emphasize the assignment. The implementation of the portofolio assessment provide a positive impact fot the lecturers, assistants, and
students who take this subject. Impact on lecturers was include an increase in the ability of pedagogy in the instruments dev elopment and
implementation of portfolio assessment. Impact on assistants was include understand statistic material into the practi ce of applying
Statistics and portfolio assessment techniques as a preparation for future implementation in their job. Impact on students was appear in
the increase in the ability to analyze the book, the ability to solve problem, written dan verbal communication, an d mastery of the
concept of Statistics. Assignment for problem-solving provide more better impact in Statistics concept than making paper and present it.
Obstacles that arise when implementing portfolio assessment is required more time and correction must be completed in order to see the
trend or improvement of one task to the next task.