PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERMUATAN MIND MAPPING PADA TEMA CAHAYA DAN PENGLIHATAN UNTUK KELAS VIII SMP/MTs
Abstract
Munculnya Permendiknas No. 22 tahun 2006 yang menyatakan bahwa substansi mata pelajaran IPA pada SMP/MTs merupakan IPA Terpadu perlu dukungan dengan adanya bahan ajar terpadu. Telah dilakukan pengembangan modul IPA Terpadu bermuatan mind mapping pada tema cahaya dan penglihatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul IPA Terpadu dan mengetahui kelayakannya sebagai bahan ajar.Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan 2 tahap uji coba, yaitu uji keterbacaan modul dan uji coba pemakaian modul. Uji keterbacaan modul dilakukan oleh 8 siswa kelas IX dan 3 orang guru IPA, sedangkan uji coba pemakaian modul dilakukan di kelas VIII F. Hasil kelayakan modul diperoleh dari validasi ahli mencapai >80%, hasil tanggapan guru sebesar 93,34%, hasil uji keterbacaan modul mencapai skor 92,5%, hasil tanggapan siswa sebesar 93,6% pada uji coba pemakaian modul, serta hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 94,4%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa modul IPA Terpadu bermuatan mind mapping pada tema cahaya dan penglihatan telah memenuhi syarat kelayakan bahan ajar. Disarankan untuk mengembangkan modul mind mapping pada materi yang berbeda dengankegiatan belajar yang lebih menyenangkan.
Â
Â
Permendiknas No. 22of 2006 states that thesubstance ofteaching integrated science for Junior High School needs asupportof providing an integrated teaching materials. Based on that background the development of integrated science modul with mind mapping approach has been done. The research objective is to develop an Integrated Science modul and determineits feasibilityas a teaching material. This research used the Research and Development design with 2 phases. They are readability test and application test. Readability test was carried outfor 8 students of IX grade and 3 science teachers, while theapplication wascarried outfor students of VIIIF.Feasibility result sobtained from expert validation modul reached >80%, the results ofthe teachers responsewas93.34%, the results of student responses were 92.5% while in readability testand93.6% in application test. The students also achieved classical completeness of 94.4%. Based on the results aboveit can be concludedthat the Integrated Science modul withmind mapping approach “lightandvisionâ€, theme is eligible to be used as teaching material. It can be recommended to develop a mind mapping modul in a different material with more interesting activity.
Â