Abstract

Proses belajar mengajar akan lebih efektif bila didukung dengan tersedianya bahan ajar atau alat bantu yang menunjang. Modul IPA terpadu dengan pendekatan SETS diharapkan dapat memperjelas dan mempermudah penyajian materi dan mengembangkan kemampuan siswa dalam berinteraksi langsung dengan lingkungan dan sumber belajar lainnya.Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengembangkan bahan ajar IPA terpadu yang layak digunakan dan efektif digunakan dalam pembelajaran.Penilaian kelayakan didasarkan pada hasil penilaian instrumen kelayakan oleh pakar, meliputi kelayakan materidan penyajian. Keefektifan  modul dianalisis dengan membandingkan perbedaan hasil belajar sebelum dan setelah menggunakan modul.Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian modul IPA terpadu oleh pakar menunjukkan kriteria sangat layak. Pada uji coba skala kecil, modul yang dikembangkan mendapat respon sangat baik oleh siswa. Hasil uji coba skala besar menunjukkan bahwa keefektifan modul yang dikembangkan dalam kegiatan pembelajaran mendapat respon sangat baik oleh guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul IPA terpadu berbasis SETS dengan tema hujan asam layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran kelas VII di SMP Negeri 30 Semarang.

 

Teaching and learning activity will be more efective if supported by the avability of teaching materials. Integrated natural science module by SETS approach expected to clarify and simplify the presentation of the materials, and develop the student ability to interact with the environment and another learning source directly. This research aims to develop teaching materials integrated natural science that feasibility and effectively used in learning. The feasibility assesment based on assesment instrument by experts include materials and views. The effectiveness of module analyzed by comparing the difference of learning out comes before and after using the module. Research type used in this research was Research and Development. The results showed that the integrated science assessment’s module by experts showed very worthy criteria. On limited-scale trials, the module received very good response from the students. On large-scale trials showed that the effectiveness of the module in learning activity received great responses from teacher and students. Based on the results of this study concluded that the integrated sciece module based on SETS with acid rain’s theme are feasible and effective to use in learning activity at 30 semarang Junior High School.

Â