Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan kefektifan modul IPA terpadu tema perubahan zat berbasis discovery untuk meningkatkan keterampilan generik dan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan atau Research and development (R&D). Dalam penelitian ini dilakukan 4 tahapan yaitu Define, Design, Development dan Implementation. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kelayakan terhadap modul IPA terpadu berbasis discovery yang digunakan dinyatakan layak sesuai BNSP dengan rata-rata validasi komponen isi 3,81, kebahasaan 3,86 dan penyajian 3,73 dan kegrafikan 3,66. Ketuntasan hasil belajar klasikal siswa pada kelas penerapan yaitu sebesar 80,26%, sedangkan perhitungan menggunakan uji t didapat dinilai thitung = 265,97 > ttabel = 2,73 dikategorikan pencapaian signifikan. Selain itu penerapan modul IPA terpadu berbasis discovery mampu meningkatkan keterampilan generik siswa pengamatan dan inferensi logika dengan N-gain sebesar 0,81 dan 0,66 pada taraf pencapaian tinggi dan sedang. Dengan demikian adanya peningkatan keterampilan generik dan hasil belajar siswa menunjukan penerapan modul IPA terpadu berbasis discovery dinyatakan efektif.

 

This study aims to determine how the feasibility and effectiveness of integrated science module theme changes based discovery agent to improve the generic skills and student learning outcomes. The method used is the Research and Development or Research and development (R&D). In this research, there are four stages is namely Define, Design, Development and Implementation. Based on the results of the study showed that the feasibility of the integrated science-based discovery module used BNSP declared eligible in accordance with the average content of 3.81 validation component, linguistic presentation of 3.73 and 3.86 of scene and 3.66 of graphic. Completeness results of classical study of 80.26 %, while the calculations obtained using the t test assessed tcount = 265.97 > ttable = 2.73 considered a significant achievement . In addition, the implementation of an integrated science-based discovery module can improve student generic skills of observation and inference logic with N - gain have 0,81 and 0,66 on a high standard of achievement and being. Thus an increase in generic skills and student learning outcomes demonstrate the application of integrated science -based discovery module is declared effect .

Â