PENGEMBANGAN LKS IPA BERBASIS LEARNING CYCLE “4E†TEMA PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MEMBEKALI KETERAMPILAN GENERIK INFERENSI LOGIKA SISWA
Abstract
Hasil Observasi di MTs NU Hasyim Asy’ari 03 Kudusditemukan bahwa pembelajaran IPA sudah diterapkan secara terpadu, namun perangkat penunjang pembelajaran (LKS) belum terpadu.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKS IPA terpadu berbasis learning cycle “4E†dan pengaruh penggunaan LKS terhadap hasil belajar dan keterampilan inferensi logika siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R and D).Pada penelitian ini, produk yang telah dikembangkan divalidasi oleh pakar desain LKS dan pakar materi kemudian dilakukan pengujian skala kecil, skala besar dan penerapan.Analisis data yang digunakan adalah data hasil validasi produk oleh pakar, angket respon siswa, observasi keterampilan siswa, dan data hasil belajar siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS IPA berbasis learning cycle “4Eâ€termasuk dalam kriteria layak dengan persentase rata-rata skor ≥ 81% pada penilaian kelayakan desain dan materi.Pada uji keefektifan menunjukkan bahwa LKS IPA efektif digunakan dalam pembelajaran dengan perolehanN-gain 0,67 dan persentase ketuntasan belajar siswa adalah 100% dengan KKM ≥ 70. LKS IPA juga mampu membekali keterampilan inferensi logika siswa dengan perolehan N-gain 0,65 pada indikator 1, 0,6 pada indikator 2, dan 0,7 pada indikator 3 dengan kriteria keterampilan mudah terkembang. Hasil penelitian disimpulkan bahwa LKS IPA berbasis LC “4Eâ€terbukti layak dan berpengaruh positif terhadap hasil belajar serta mampu membekali keterampilan inferensi logika siswa sehingga LKS IPA dapat digunakan dalam pembelajaran.
Â
Observation result in MTs Hasyim As’ari 03 Kudus showed that already implemented in an integrated manner , but the learning support ( worksheet ) have not been integrated . This study aims to determine the feasibility of integrated science worksheet  theme of environmental pollution and its impact on learning outcomes and skills of logical inference . The method used wasResearch &Development ( R and D ). In this study , the products that have been validated by experts developed worksheet design and materials experts then testing a small -scale , large scale and implementation . Data analysis used is the result of a data product validation by experts , student questionnaire responses , students' observation skills , and student learning outcomes . Theresults of study showed that Integrated Science Worksheets Based on Learning Cycle " 4E " implied in the criteria feasible with an average percentage score of ≥ 81 % on the assessment of the feasibility of the design and material . In testing the effectiveness suggests that integrative science worksheets effective used in the learning acquisition N-gains of 0.67 and percentage of student’s the classical learning mastery was 100 % with ≥ 70 KKM . integrated science worksheet also able to equip students with the skills of inference logic acquisition N-gain of 0.65 on indicator 1 , 0.6 on indicator 2 , 3 and 0.7 on the indicator criteria easily undeveloped skills . It can be concluded that the integrated science worksheets based learning cycle “4Eâ€Â has been proven feasible and positive effect on learning outcomes and logic inference skills to equip students so that integrated science worksheet can be used in learning activities.
Â