PEMBELAJARAN ZAT ADIKTIF DAN PSIKOTROPIKA BERPENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER RASA INGIN TAHU SISWA
Abstract
Pembelajaran IPA merupakan pembelajaran yang membahas materi yang kita alami dalam kehidupan sehari-hari. Keingintahuan siswa terhadap materi yang mereka pelajari di sekolah terhadap kaitannya dengan kehidupan sehari-hari mereka kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan perkembangan karakter rasa ingin tahu siswa melalui pembelajaran berpendekatan CTL pada materi zat adiktif dan psikotropika pada siswa SMP kelas VIII SMP. Pengumpulan data meliputi dokumentasi, tes dan observasi. Karakter rasa ingin tahu dilihat melalui observasi yang dilakukan saat pembelajaran berlangsung selama 4 pertemuan.Terdapat 4 aspek karakter rasa ingin tahu yang diamati, terjadi peningkatan rasa ingin tahu siswa dari pertemuan ke-1 hingga pertemuan ke-4 pada pembelajaran zat adiktif dan psikotropika. Karakter rasa ingin tahu yang didapatkan pada pertemuan ke-4 sebesar 62,60% dengan kriteria “Mulai Berkembangâ€. Sedangkan pada hasil belajar kognitif siswa tidak terjadi peningkatan yang signifikan ditinjau dari uji N-Gain.
Â
Learning science ins learning that cover topics that we experience in everday life. Curiosity of students to the material they are learning in school to do with their daily life less. This study aims to determine the improvement of learning the material CTL approach addictive and psychotropic subtances in the eighth grade junior high school students. The data collection includes documentation, tests, and observation. Curiosity character seen thriug observation made during the learning take place for 4 meeting. The 4 aspects of character curiosiry observed, an increase in the curiosity of students from 1st meeting to 4thmeeting on learning addictive and psichotropic subtances. Curios character the was 4th meeting with percentage 62.60% with criteria grow begin. Meanwhile, in learning achievement no significancy increase by N-Gain.
Â