Abstract

Salah satu model pembelajaran yang sesuai adalah pembelajaran berbasis proyek dengan tema pencemaran lingkungan. Pembelajaran IPA berbasis proyek dapat meningkatkan aktivitas siswa di kelas dan mendukung perkembangan karakteristik habits of mind siswa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen penilaian habits of mind yang valid dan reliabel untuk diterapkan dalam pembelajaran IPA berbasis proyek pada tema pencemaran lingkungan dan mengetahui karakteristik habits of mind siswa yang tampak setelah mengikuti pembelajaran IPA berbasis proyek. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dan dilaksanakan di SMP N 6 Temanggung pada siswa kelas VII. Bentuk instrumen penilaian habits of mind berupa lembar penilaian guru berdasarkan penugasan proyek dan penugasan individu, serta lembar penilaian diri siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian habits of mind untuk pembelajaran IPA berbasis proyek mendapatkan nilai sangat layak dengan persentase 91% dari pakar evaluasi dan 93,75% dari pakar bahasa. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kriteria dari karakteristik habits of mind ‘berpikir dan berkomunikasi dengan jelas dan cermat’, ‘berpikir secara interdependen’, dan ‘memeriksa akurasi’ yang tampak setelah siswa mengikuti proses pembelajaran IPA berbasis proyek adalah ‘mulai berkembang’. Hasil penelitian ini sesuai dengan teori perkembangan kognitif menurut Piaget tentang tahap operasional formal. Respon positif siswa terhadap penerapan instrumen penilaian habits of mind dalam pembelajaran IPA berbasis proyek mencapai 87% pada tahap uji coba skala besar dan 89,2% pada tahap uji penerapan.

 

One of suitable learning model is project-based learning with the theme of environmental pollution. Project-based sciene learning can enhance the acitivity of student in the classroom and support the development of student’s habits of mind characteristic. The development of habits of mind necessary to get attention from the teacher because a good habits of mind can help student in solving their problem. This research aims to develop a habits of mind assessment instrument that valid and reliable to be applied in project-based science learning with environmental pollution theme and to know the student’s habits of mind characteristics after they follow project-based science learning. This study is Research and Development (R&D) and implemented to 7th grade students in SMP N 6 Temanggung. Form of habits of mind assessment instrument consist of the teacher evaluation sheet based on project assignment and individual assignment, and also student self-assessment sheet. The result showed that the habits of mind assessment instrument for project-based science learning get very decent value with 91% from the expert of evaluation and 93.75% from the expert of language. The result also show that the criteria of the habits of mind characteristics ‘thinking and communicating with clarity and precision’, ‘thinking interdependently', and ‘striving for accuracy’, which looks after the students follow a project-based science learning process is ‘start growing’ criteria. That result is appropriate with Piaget’s theory of cognitive development about concrete operational stage. Positive response of students to the implementation of habits of mind assessment instrument in project-based science learning reached 87% at the stage of large-scale trials and 89.2% in the implementation test.

Â