Abstract

Hasil observasi di MTs NU Ungaran menunjukkan bahwa masih rendahnya hasil belajar dan tingkat kemampuan berpikir logis siswa, terutama pada tema penglihatan. Selain itu juga belum adanya alat peraga yang dapat menjelaskan materi penglihatan, sehingga menyebabkan kesulitan siswa dalam memahami materi atau konsep IPA tersebut, oleh karena itu perlu adanya pengembangan media pembelajaran, dalam hal ini adalah alat peraga yang dapat menunjang proses pembelajaran yang juga dapat menjelaskan materi atau konsep IPA yang bersifat abstrak. Selain penggunaan alat peraga perlu adanya penerapan metode pembelajaran, dalam hal ini penerapan alat peraga berbasis guided inquiry yang dapat menunjang peningkatan hasil belajar dan berpikir logis siswa. Desain yang diterapkan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian dilakukan melalui tahap pengkajian masalah dan pengumpulan data, desain produk, validasi, revisi, dan tahap uji coba. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII. Hasil penilaian pakar terhadap alat peraga yang dikembangkan 92,7%, penilaian alat peraga berdasarkan tanggapan guru memperoleh persentase sebesar 82,9% dan rata-rata hasil pretest 42,34 dan rata-rata posttest 78,12 . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa alat peraga yang dikembangkan layak dijadikan media pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir logis siswa.

 

The observations result from MTs NU Unggaran indicate that the achievement learning  and student logical thinking was low, especially on eyesight mecanism theme. There is no teaching aids that can explain the eyesight material, that makes students difficulty to understanding the science of matter or concept. Therefore, need for to development of instructional media, in this case especially for teaching aids that can support the learning process can also explain the science material or abstract concepts. Besides using the teaching aid,  there is need for the applicate of learning methods. In this case is the aplication of teaching aid that based of guided inquiry that can support the improvement of achievement learning and students' logical thinking. Design applied in this study is the research and development (Research and Development). The study was conducted through the stages of assessment and data collection issues, product design, validation, revision, and test phase. Subjects were students of class VIII. The result of practicability test eyesight teaching aid from science teacher questionnaire obtained percentage of 82.9%. the pretest average score is 42,34 and the posttest average score is 78,12. It can be concluded that the teaching aid were developed has worthy to increas the learning achievement and logical thinking of student .