Abstract

Minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA timbul jika pembelajarannya menyenangkan. Media pembelajaran science-edutainment diperlukan dalam proses pembelajaran  IPA karena menciptakan suasana yang menyenangkan sehingga siswa lebih termotivasi untuk belajar. Sciencepoly Game berbasis kontekstual dapat menjadi media science-edutainment untuk materi kalor dan perpindahannya. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengembangkan dan mengetahui kelayakan sciencepoly gamemenurut pendapat dari ahli media dan ahli materi. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Langkah-langkah penelitian diadopsi dari penelitian pengembangan menurut Sugiyono 2009. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sciencepoly game layak digunakan dalam pembelajaran IPA materi kalor dan perpindahannya. Hal ini terbukti dari hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi serta dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa. Hasil validasi oleh ahli media menunjukkan hasil 93,75%, validasi oleh ahli materi menunjukkan hasil 96,67%, ketuntasan klasikal sebesar 83,33% dan perhitungan N-gain menunjukkan hasil 0,68 dengan kriteria sedang  yang artinya sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Sciencepoly game dapat memotivasi siswa untuk belajar dan siswa dapat menghubungkan materi kalor dan perpindahannya ke dalam kehidupan nyata. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan sciencepoly game berbasis kontekstual sebagai media science-edutainment sangat layak dan efektif digunakan pada materi kalor dan perpindahannya untuk siswa kelas VII SMP.

 

ObservationStudents’s motivation in science lesson appears if the learning process fun. Sciencepoly game learning media is needed in science learning process because makes students fun so that students have motivation more to study. Sciencepoly game contextual can be science-edutainment media in kalor subject. Objectives of the study are develop and know properness of sciencepoly game from the result of the media expert and lesson expert.The method of the study isResearch &Development (R&D).This study shows that sciencepoly game  proper to used  in science leraning in kalor subject. It proved from validation of media expert, lesson expert and standart of minimum completeness. Validation of media expert shows 93,75%, validation of lesson 96,67%, standart of minimum completeness 83,33% and N-gain 0,68 with medium criteria . Sciencepoly game can motivate the students to study and the students can relate kalor lesson subject in daily life. Based of the result of the study sciencepoly gameis very proper to used as learning media. The result of the study can be concluded that development of sciencepoly game contextual learning media as science-edutainment media very proper and effective to used in kalor subject 7 grade of junior high school.

Â