Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan alat evaluasi berbasis kontekstual untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Langkah awal pada penelitian ini dimulai dengan observasi. Berdasarkan hasil observasi, guru belum memiliki alat evaluasi untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mengembangkan alat evaluasi berbasis kontekstual untuk mengukur kemampuan berpikir kritis. Desain penelititan ini adalah penelitian Research and Development dengan uji coba skala kecil pada kelas IX B, uji coba skala besar pada VIII C, dan uji pemakaian pada kelas VII F SMP Negeri 2 Boja. Data penelitian yang akan diambil adalah penilaian alat evaluasi oleh pakar, angket keterbacaan siswa dan guru, uji validitas, realibilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal, tes kemampuan berpikir kritis siswa dan angket tanggapan siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa penilaian alat evaluasi oleh pakar memperoleh rata-rata skor 3,63 dengan kriteria layak, tanggapan siswa memperoleh skor 90,56%, dan tanggapan guru sbesar 100% dengan kriteria sangat baik. Kemampuan berpikir kritis siswa diukur dengan alat evaluasi memperoleh skor rata-rata 72,71% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa alat evaluasi IPA terpadu topik perubahan materi berbasis kontekstual untuk mengukur kemampuan berkir kritis siswa valid dan layak digunakan.

 

This research is done to know the expediency of contextual based evaluation tool to measure students’ critical thinking ability. First step in this research begins with observation. Based on the observation result, teachers hadn’t have evaluation tool to measure students’ critical thinking. Therefore, the research is done to develop contextual based evaluation tool to measure students’ critical thinking. The research design is research and development with small scale experiment on XI B class, the big scale experiment on VIII C class, and consumption test to VII F in Junior High School 2 Boja. Research data to be retrived is the valuation by epert evaluation tool, test validity, reability, distinguishing, and level of dificulty, test students’ critical thinking and questionnaire responses of student and teacher. Its result shows that the developed evaluation tool is valid and suitable to be used with average score 3,63 from the experts, studentss response achievement is 90,56% and teacher response achievement is 100% with excellent criteria. Students’ critical thinking is measured by evaluation tool  shows that the average score is 72,71% which is included to good criteria. The conclusion is the contextual based changing material topic of integrated science evaluation tool is valid and suitable to use.