Abstract

Abstrak:

Pembelajaran IPA dengan pendekatan keterampilan proses inkuiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan meningkatkan motivasi belajar siswa perlu dilakukan. Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan menggunakan proses inkuiri diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa karena model ini menekankan pada pemecahan masalah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana motivasi dan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran IPA Berbasis Masalah yang telah dikembangkan?. Pengumpulan data dengan memberikan tes kemampuan berpikir kritis, melakukan observasi dan memberikan angket motivasi. Subyek ujicoba penelitian adalah siswa kelas VII A dan VII C SMP Negeri 1 Ngadirejo Temanggung yang ditentukan secara random sampling dari tujuh kelas yang ada. Kelas VII C sebagai kelompok kontrol dan kelas VII A sebagai kelompok eksperimen. Hasil belajar kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen mengalami peningkatan dari 61,53 menjadi 80,24. Uji signifikansi hasil belajar kognitif kelas eksperimen diperoleh nilai thitung = 11,76 dan harga ttabel = 1,69 karena thitung > ttabel maka dapat disimpulkan hasil belajar tes kemampuan berpikir kritis mengalami peningkatan yang signifikan. Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PBL mengalami peningkatan dari pre-test ke post-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran IPA Berbasis Masalah mampu meningkatkan motivasi dan kemampuan berpikir kritis siswa.

Abstract:

Science learning by using skill process inquiry approach could increase critical thinking skill and increase learning motivation of the students need to be increased. Learning Model based on Problem by using inquiry process was expected to increase the critical thinking skill and learning motivation of the students because this model was emphasized on resolving problem. The problem in this research is how learning motivation and critical thinking of the students by using the science learning materials based on problem have been developed? The data was collected by giving critical thinking test, observation, and inquiry motivation. The subject of this research was grade VII A and C Students of SMPN 1 Ngadirejo Temanggung determined by using random sampling from the seven classes in that school. Grade VII C is control group and grade VII A is experimental group. The learning output of experimental group’s critical thinking skill is increasing from 61.53 to 80.24. Signification test of the cognitive learning output got the value of  = 11.76 and  = 1.69 because >  so it could be concluded that the output of critical thinking skill was improved significantly. The result of data analysis showed that science learning materials based on problem could increase motivation and critical thinking skill of the students, it was proved from the increasing of pre test and post test result.