Abstract

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan pendekatan SAVI bervisi SETS terhadap kompetensi siswa kelas X SMAN 1 Bawang pada pokok materi reaksi redoks. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMAN Negeri 1 Bawang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Penelitian dilakukan dengan memberikan perlakuan berupa penerapan metode pembelajaran pendekatan SAVI bervisi SETS dilanjutkan dengan post test. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata nilai post test kelas eksperimen 79 dan kelas kontrol 73. Nilai post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan mempunyai varians yang sama, sedangkan pada uji perbedaan dua rata-rata thitung (3,63) > ttabel (1,99) yang berarti rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Uji hipotesis menggunakan koefisien korelasi biserial dan koefisien determinasi menunjukkan bahwa metode pembelajaran dengan pendekatan SAVI bervisi SETS berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pokok materi reaksi redoks. Dari hasil analisis diperoleh rb 0,52 dengan besarnya kontribusi 27%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode dengan pendekatan SAVI bervisi SETS terhadap kompetensi siswa kelas X SMAN 1 Bawang pada pokok materi reaksi redoks, yang ditunjukkan  dengan  koefisien  korelasi (rb) sebesar 0,52 dengan pengaruh 27 %.

Abstract:

This research aim to know the existence of influence applying SAVI approach SETS vision to  class X SMAN 1 Bawang student competence at the subject redoks reaction. This population research is all class X of SMAN Bawang. Sampling technique used is purposive sampling. Research conducted by giving treatment in the form of applying of method study SAVI approach SETS vision continued with test post. Pursuant to result of research, obtained by mean assess post test experiment class 79 and control class 73. value of Post-Test experiment class and control class have normal distribution and have  same varians, while difference test two mean of tcount ( 3,63) > ttable ( 1,99) meaning mean result of learning is cognate of experiment class is better than control class. Hypothesis test use correlation coefficient of biserial coefficient and of determinasi indicate that study method with SAVI approach SETS vision have an effect on to result learn student at the subject redoks reaction. From result of analysis obtained  rb 0,52 with level of contribution 27%. Pursuant to result of research can be concluded that there is influence of method with SAVI approach SETS vision to student competence of  class X SMAN  1 Bawang at the subject reaction of redoks, posed with correlation coefficient (rb) equal to 0,52 with influence 27 %.