Abstract

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya pengaruh positif penerapan mindscaping bervisi SETS dalam pembelajaran Kimia SMA terhadap pencapaian kompetensi larutan penyangga. Seluruh siswa kelas XI IPA SMA N 1 Kota Mungkid tahun ajaran 2011/2012 adalah populasi dari penelitian ini. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling menghasilkan kelas XI IPA 3 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelompok kontrol. Desain penelitian ini menggunakan the nonequivalent control group design. Metode pengambilan data dilakukan dengan berbagai cara yaitu dokumentasi, tes, angket, dan observasi . Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif siswa pada kelompok eksperimen mencapai ketuntasan belajar klasikal sebesar 97% sedangkan pada kelompok kontrol mencapai 87%. Hasil analisis aspek afektif dan psikomotorik menunjukkan rata-rata hasil belajar afektif dan psikomotorik kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok control.Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan mindscaping bervisi SETS ini berpengaruh positif terhadap pencapaian kompetensi siswa dalam pokok materi larutan penyangga. Besarnya pengaruh yang diberikan metode ini adalah 34% dengan korelasi biserial positif yang tergolong sedang.

Abstract:

This research aims to find a positive effect on mindscaping application that features SETS (Science, Environment, Technology and Society ) visions in chemistry learning of high school to the competence achievement of buffer solution. The population of this study was the XI IPA students of  SMA N 1 Kota Mungkid in the academic year 2011/2012. Sampling was purposive sampling technique determine a class XI IPA 3 as the experimental group and class XI IPA 1 as the control group. The design of this research used the nonequivalent control group design. This study used some method documentation, tests, questionnaires, and observation. Results of the study showed that students' cognitive learning outcomes of the experimental group achieved classical completeness 97%, whereas in the control group reached 87%. The analysis results of the affective and psychomotor aspects showed that the average learning outcomes of affective and psychomotor experimental group were higher than the control group. Based on the results of study, it can be concluded that the mindscaping application that feature SETS vision had positive effect to the students competencies achievement in the subject buffer solution. The magnitude of the impact  this method is 34 % with a positive biserial correlation is medium.