Abstract

Abstrak:

Pada proses pembelajaran di SMA Negeri 14 Semarang sering terjadi kegagalan komunikasi yaitu materi pelajaran yang disampaikan tidak dapat diterima siswa secara optimal. Pada kenyataanya, potensi siswa belum dioptimalkan dalam proses pembelajarannya, karena metode dan pendekatan yang digunakan oleh guru cenderung membuat siswa pasif sehingga membuat hasil belajar siswa belum mencapai kompetensi yang diinginkan. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa  dengan menerapkanpendekatan yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 14 Semarang melalui penerapan metode diskusi dengan pendekatan SETS dan media question cardpada materi pokok hidrokarbon. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 14 Semarang.Penentuan sampel dengan sistem purposive sampling , diperoleh dua kelas untuk dijadikan sampel yaitu kelas X.6 sebagai kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan menggunakan metode diskusi dengan pendekatan SETS dan media question card dan kelas X.5 sebagai kelompok kontrol yang mendapat perlakuan menggunakan metode diskusi tanpa pendekatan SETS dan media question card. Data penelitian diperoleh dengan metode dokumentasi, tes, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh metode diskusi dengan pendekatan SETS dan media question card terhadap hasil belajar hidrokarbon siswa kelas X SMA Negeri 14 Semarang yaitu sebesar 35 %.

Abstract:

The learning process in SMA N 14 Semarang often occur misscommunication between students and a teacher because the lesson can not be accepted by the students well. In fact, student’s ability have not been optimized in the learning process because the methods and approaches used by teachers make students passive, so student’s result learning have not achieved the desired competencies. One of ways to increase the student’s result of learning  is applied an approach. This research aims to determine the increase student’s result of  learning of10th grade students of SMA N 14 Semarang are treated by using discussion method applying approach of SETS and question card media on the subject matter Hydrocarbon. The population in this reseach were10th grade students of SMA N 14 Semarang. To determine the sample, used purposive sampling system that obtained two classes to be sampled where X.6 as an experimental group that are treated by using discussion method applying approach of SETS and question card media and X.5 as a control group that received treatment by discussion method without approach of SETS and question card media. The reseach data was obtained by the method of documentation, testing, and observation. The result showed that the effect discussion method applying approach of SETS and question card media on the subject matter hydrocarbonstudent’s result of  learning of10th grade students of SMA N 14 is about 35%.