PENGARUH TEKNIK STORY TELLING MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP KELAS VII PADA MATERI ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh teknik story telling menggunakan media puzzle terhadap motivasi dan hasil belajar siswa SMP kelas VII materi energi dalam sistem kehidupan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VII SMPN 30 Semarang, sampel penelitiannya adalah siswa kelas VII C dan VII D diambil dengan teknik purposive sampling.Rancangan penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata motivasi belajar kelas eksperimen sebesar 78% sedangkan rata-rata motivasi belajar siswa kelas kontrol sebesar 76,29%. Siswa yang diajar menggunakan teknik story telling dan media puzzle memberikan rata-rata motivasi belajar siswa lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar menggunakan diskusi kelompok berbantuan LKS dan LDS. Kelas eksperimen yang memiliki motivasi yang lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol menghasilkan rara-rata hasil belajar kognitif yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis diperoleh t hitung > t tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan diantara kedua kelas serta diperoleh r hitung > r tabel sehingga ada hubungan antara motivasi dan hasil belajar siswa dengan adanya penerapan teknik story telling menggunakan media puzzle.
Â
This study aims to describe the influence of story telling technique by using puzzle media for seventh grade students’ fowards motivation and learning outcomes in Energy of Living System material. The population of the study was the seventh grade students’ of SMPN 30 Semarang and the sample of the study was the students of VII C as experimental group and VII D as control group taken by the purposive sampling technique. The research design used in the study was Quasi-Experimental Design with Non-Equivalent Control Group Design. The result showed that the mean of learning motivation of the experimental group was 78,00% while the mean of learning motivation of the control group was 76,29%. Students taught by using story telling technique and puzzle media showed better result than who used worksheet and discussion sheet in group discussion. The experimental group had either better learning motivation or higher result on cognitive aspect compared to the control group. Based on the result of analysis show that t count > t table, it can be concluded that there was significant influenced both of the class and r count > r table, so there was related between motivation and learning outcomes with using story telling technique and puzzle media.