Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif Jigsaw IIberbantuan LKS terhadap peningkatan pemahaman konsep dan karakter siswa, serta untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap model pembelajaran tersebut. Jenis penelitian ini yaitu quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling, kelas VIII D (kelas eksperimen) yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif Jigsaw IIdan kelas VIII C (kelas kontrol) yang diberi perlakuan metode diskusi dan tugas di SMP Negeri 1 Bergas. Data diambil dengan metode tes (pre-test dan post-test), observasi (karakter), dan angket (tanggapan tentang model dan penilaian diri). Hasil penilaian karakter didapatkan bahwapersentase nilai karakter siswa setiap pertemuan selalu meningkat.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata hasil belajar (post-test) kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol (81,30> 77,94). Nilai N-gain kedua kelas masing-masing meningkat sebesar 0,57 dan 0,51 (kategori sedang). Ketuntasan klasikal kelas eksperimen (85%) > kelas kontrol (68%). Dari uji hipotesis, diperoleh thitung> ttabel (2,22> 1,671). Rata-rata persentase karakter siswa kelas eksperimen (63%) yang masuk dalam kategori mulai berkembang lebih tinggi dari kelas kontrol (49%) yang masuk dalam ketegori mulai terlihat. Dari uji hipotesis diperoleh thitung>ttabel (4,09> 1,67). Tanggapan siswa tentang model pembelajaran kooperatif Jigsaw II berbantuan LKS dinyatakan efektif. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif Jigsaw II berbantuan LKS efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep dan karakter siswa.

 

The aim of this study was to examine the effectiveness of cooperative learning model Jigsaw II LKS assisted to improve understanding of the concept and value of student character and finding out of students rensponse. This study used a quasi experimental design, especially non-equivalent control group design. The samples of this study was grade VIII D (experiment)used cooperative learning model Jigsaw II and VIIIC (control) of SMPN 1Bergas, taken with purpossive sampling method. The data was taken by test method (pre-test andpost-test), observation (character of students), also questionnaire (students’ responses and self-assesment). The results showed that the average of experiment class is higher than the control ( (81.30 > 77.94). This result proved by the t-test which achieved tvalue> ttable (2.22> 1.671). The N-gain value of both classes were increased by 0.57 and 0.51 (medium category). The classical completeness of experimental (85%) > controls (68%). The average percentase of character students of experimental (63%) and control (49%). This result verified by the Mann-Whitney test which obtained tvalue>ttable (4.09 >1.67). The students’ responses about cooperative learning of Jigsaw II assisted LKS was effective . In conclusion, students in the experimental group had better understanding concept, and more positive value of character toward cooperative learning Jigsaw II.