PENERAPAN STRATEGI POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) DENGAN METODE LEARNING JOURNALS DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS
Abstract
Pembelajaran IPA di SMP Mataram Semarang belum sepenuhnya menerapkan prinsip inkuiri ilmiah sehingga partisipasi aktif dari peserta didik masih kurang. Kurangnya partisipasi peserta didik menyebabkan pemahaman konsep (hasil belajar kognitif) dan keterampilan proses sains (KPS) masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep dan KPS peserta didik setelah diterapkannya strategi POE dengan metode Learning Journals.Penelitian ini adalah penelitian Quasi Experiment dengan desain Nonequivalent Control Group Design.Pengambilan sampling menggunakan teknik sampling jenuh, dimana seluruh populasi digunakan sebagai sampel. Kelas VII A dan VII B sebagai kelompok eksperimen, dan kelas VII C sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan kelompok eksperimen memiliki peningkatan pemahaman yang lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Hal tersebut terlihat dari hasil uji t-tes yang diperoleh yaitu thitung>ttabel, thitung sebesar 2,09 dan ttabel sebesar 1,98. KPS kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Hal tersebut dapat dilihat dari uji N-gain hasil tes KPS menunjukkan kelompok eksperimen rata-rata memiliki peningkatan sebesar 0,51 dengan kategori sedang. Dan hasil uji t-test skor observasi KPS dengan thitung 3,33> ttabel 1,98. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi POE dengan metode larning journals dapat meningkatkan pemahaman konsep dan KPS dari peserta didik.
Â
Science learning in SMP Mataram Semarangis not yet fully applied the principles of scientific inquiry so the student’s active participation is less. The lack of student’s participation makes the concept comprehension (cognitive learning outcomes) and science process skills (SPS) were low.This study aims to determine student’s concept comprehenssion and science process skills after the implementation of the POE strategy with Learning Journals methods. This research used Quasi Experiment with Nonequivalent Control Group design. Sample taken by saturated sampling technique, where the entire population is used as a sample. Class 7A and 7B as the experiment group, and class 7C as a control group.The results of this research showed that the experiment group had a higher the concept comprehenssion’s increased than control group. It was seen from t-test resultswhere the tcount> ttable,,tcountis 2.09 and ttable is 1.98. Science Process Skills experiment group is better than control group. It was seen from N-gain test of science process skills showed that the experimentgroup had increase average is 0.51(medium category). Based on t-test results of KPS scores observation where tcount 3.33 > 1.98 ttable. The conclusion of this results is implementation of the POE strategy with learning journals method could increase student’s concept comprehenssion and Science Process skills.