Abstract

Hasil observasi yang dilakukan pada peserta didik kelas VII D di MTs Negeri Gembong, pembelajaran yang terjadi belum terlaksana secara maksimal. Proses pembelajaran masih kurang optimal dalam penggunaan model pembelajaran, sehingga partisipasi peserta didik masih perlu ditingkatkan. Peserta didik seharusnya tidak hanya mencatat dan mendengarkan melainkan harus responsif dalam pembelajaran. Pengelolaan kegiatan presentasi dalam penilaian terhadap kemampuan komunikasi peserta didik secara konvensional, masih belum dapat mengukur keterampilan individual peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Quantum Learning berbantuan mind mapping worksheet, untuk mengukur kemampuan komunikasi serta hasil belajar peserta didik. Quasi eksperimen dengan bentuk nonequivalent control group design menjadi desain penelitian ini. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Data kemampuan komunikasi peserta didik diperoleh menggunakan metode observasi, sedangkan hasil belajar diperoleh menggunakan metode tes. Hasilnya adalah pada hasil belajar dan tingkat kemampuan komunikasi kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yang ditegaskan melalui nilai n-gain dan uji t. Hasil analisis n-gain menunjukkan bahwa Quantum Learning berbantuan mind mapping worksheet kelas eksperimen mendapatkan 0,70 dengan kriteria sedang sedangkan pada kelas kontrol memperoleh 0,57 dengan kriteria sedang. Quantum learning berbantuan mind mapping worksheet memberikan pengaruh sebesar 92,8% terhadap tingkat kemampuan komunikasi di kelas eksperimen.

 

The results of observations conducted on students of class VII D at MTs Gembong learning that occurs either not been implemented optimally. The learning process is still using conventional learning models, management presentations, namely an assessment of the ability of learners in the conventional presentation it is still not able to measure the individual skills of learners This study aims to determine the effect-aided model of Quantum Learning mind mapping worksheet to measure the ability of communication and learning outcomes learners. Quasi-experimental nonequivalent control group forms into the design of this study. The sample selection using purposive sampling method. Data communication skills of learners obtained using methods of observation, whereas belajarp results obtained using the test method. The result is a result of learning, communication skills levels experimental class is higher than the control class which is confirmed by the value of n-gain and t test. N-gain analysis results indicate that the Quantum Learning mind mapping aided experimental class worksheet gain of 0.70 with the criteria being while in the control group gained 0.57 to the criteria of being. Quantum Learning mind mapping aided worksheet gives the effect of 92.8% against the level of communication skills in the experimental class.

Â